Marc Marquez Mungkin Jalani Operasi Keempat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 38 2322833 marc-marquez-mungkin-jalani-operasi-keempat-vzy557sKL1.jpg Lengan kanan Marc Marquez dibebat dengan kencang (Foto: MotoGP)

MADRID – Kondisi terkini Marc Marquez terus menjadi perbincangan hangat. Setelah menjalani operasi bedah ketiga pada Rabu 2 Desember 2020, kondisi lengan The Baby Alien belum juga membaik. Ada kemungkinan, ia harus menjalani operasi keempat dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Operasi pertama yang dilakukan pada 21 Juli 2020 berlangsung sukses. Ia pun sempat comeback ke lintasan untuk mengikuti GP Andalusia 2020.

Sayangnya, lengan Marc Marquez belum sepenuhnya pulih. Ia mundur dari balapan itu dan kembali menjalani operasi pada awal Agustus 2020 karena ada pelat titanium yang patah. Akibatnya, ia absen hingga seri terakhir di GP Portugal pada 22 November lalu.

Baca juga: Bakal Absen hingga Juni 2021, Mampukah Marc Marquez Rajai MotoGP Lagi?

Marc Marquez terus memulihkan diri (Foto: IG/@marcmarquez93)

Tak kunjung sembuh, spekulasi lantas beredar. Marc Marquez disebut-sebut akan menjalani operasi ketiga. Benar saja, pembalap berusia 27 tahun itu kembali naik meja operasi pada Rabu 2 Desember 2020 di Madrid, Spanyol.

Sama seperti dua tindakan sebelumnya, operasi ketiga ini juga berjalan sukses. Namun, operasi ketiga itu mengungkap sebuah fakta yang tidak disangka-sangka. Ternyata, patahan pelat di tangannya menyebabkan infeksi sehingga harus mendapatkan perawatan antibiotik tambahan.

Karena itu, Marc Marquez masih berada di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid, hingga detik ini. Ahli trauma dan Direktur Medis Klinik IQtra Medicina Avanzada, Dokter Angel Villamor, memprediksi juara dunia MotoGP enam kali itu bakal menjalani operasi keempat.

“Adanya infeksi di patahan itu merupakan faktor yang meningkatkan risiko proses konsolidasi yang berkepanjangan dan oleh karena itu pembentukan kalus lebih lambat,” urai Dokter Angel Villamor, dilansir dari Tutto Motori Web, Senin (7/12/2020).

“Infeksi menghalangi pembentukan kalus dan karena itu menyebabkan non-union atau ketidakmampuan untuk menyembuhkan. Ini mengarah pada kebutuhan akan operasi baru. Namun, ada kemungkinan juga bahwa antibiotik dan imunitas alami Marc mengalahkan kuman tanpa perlu operasi lebih lanjut,” tutupnya.

Marc Marquez mengecek kondisi tangannya (Foto: MotoGP)

Berbagai spekulasi terus saja merebak terkait kapan kembalinya Marc Marquez ke atas lintasan. Ada teori yang menyebut pria kelahiran Cervera itu baru akan naik motor lagi pada pertengahan musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Itu berarti, Marc Marquez masih akan absen hingga Mei atau Juni 2021. Honda sendiri sudah menyebut kondisi pembalap andalannya cukup memuaskan usai menjalani operasi ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini