Alex Marquez Sesalkan Tidak Adanya Tes Pramusim di November 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 38 2321217 alex-marquez-sesalkan-tidak-adanya-tes-pramusim-di-november-2020-sbe1T7EWJF.jpg Alex Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

CERVERA – Pandemi Corona (Covid-19) membuat tes pramusim MotoGP 2021 yang seharusnya dimulai sejak November 2020 harus dibatalkan. Hal ini pun cukup disesali oleh pembalap LCR Honda, Alex Marquez.

Alex pasalnya menilai tes pramusim tersebut sangat penting bagi para pembalap untuk melakukan adaptasi menggunakan motor yang akan dipakai dalam gelaran MotoGP 2021. Apalagi untuk para pembalap yang baru saja berganti tim.

Alex sendiri merupakan salah satu pembalap yang berganti tim. Di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, ia membela Repsol Honda. Akan tetapi, di MotoGP 2021, adik kandung Marc Marquez itu bakal berada di tim satelit, LCR Honda.

Baca juga: Terungkap Alasan Petronas Yamaha Larang Valentino Rossi Bawa Mekanik Sendiri

Alex Marquez

Meski masih sama-sama Honda, namun tentunya Alex akan bekerja dengan orang-orang yang berbeda. Maka dari itu, ia merasa membutuhkan waktu untuk beradaptasi lagi supaya bisa menampilkan performa yang memuaskan di lintasan.

Lebih krusial lagi, tes pramusim akan membantu tim-tim untuk lebih cepat melakukan pengembangan motor. Honda sendiri bisa dibilang terseok-seok dalam gelaran MotoGP 2020 dengan absennya Marc Marquez. Sebab, para pembalap Honda lainnya kesulitan untuk menguasai RC213V.

“Ini jelas bukan yang terbaik untuk orang-orang yang berganti tim. Anda selalu berharap untuk mengenal tim baru sebelum liburan musim dingin. Ini hanya menyisakan pertemuan kecil, hanya untuk mengenal orang baru," ujar Alex, disadur dari Speedweek, Kamis (3/12/2020).

Alex sebenarnya sudah cukup bisa menguasai motor balap Honda. Di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, pembalap 24 tahun itu mampu meraih podium sebanyak dua kali, yakni di Prancis dan Aragon. Namun, ia merasa masih belum menguasai RC213V seutuhnya.

“Saya masih harus banyak belajar tentang rahasia motor ini, manajemen balapan, bagaimana saya menghadapi level grip rendah. Masih banyak yang harus ditingkatkan, tapi saya sudah belajar banyak,” papar Alex.

Alex Marquez

Alex sendiri sejatinya sudah merasa nyaman bekerja dengan orang-orang di Repsol Honda. Maka dari itu, ketika ia harus dipindahkan ke tim satelit, Alex tak memungkiri bahwa ia akan merindukan orang-orang di tim lamanya.

“Tim ini (Repsol Honda) banyak membantu saya, saya pasti akan merindukan mereka tahun depan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini