Begini Kondisi Terkini Pembangunan Sirkuit Mandalika, Venue MotoGP Indonesia 2021

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 38 2320559 begini-kondisi-terkini-pembangunan-sirkuit-mandalika-venue-motogp-indonesia-2021-7qrVzP2Uyl.jpg Sirkuit Mandalika (Foto: Laman resmi MotoGP)

JAKARTA – Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, menyatakan bahwa pihaknya masih mengebut pekerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini dalam memastikan kondisi sirkuit siap digunakan untuk MotoGP Indonesia 2021.

Sejauh ini, Indonesia sendiri memang masih masuk dalam daftar cadangan kalender sementara MotoGP 2021. Namun, hal itu tak menyurutkan ambisi besar Indonesia untuk menggelar MotoGP pada musim depan.

Sirkuit Mandalik

Karena itu, pekerjaan untuk menyelesaikan konstruksi Sirkuit Mandalika akan tetap menjadi prioritas utama dari MGPA. Bahkan selama 24 jam, mereka tidak berhenti melakukan pekerjaan demi menyelesaikan sirkuit baru tersebut.

“Kesiapan dari sisi konstruksi saat ini kami terus bekerja tiga shift dalam sehari untuk mengejar homologasi. Kita bersama dengan mitra kerja kita, PT. PP (Pembangunan Perumahan). Itu tetap jalan terus menerus,” ucap Happy saat dihubungi Okezone.

Baca juga Dorna Sports Apresiasi Upaya Keras Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 

“Secara konstruksi kita tetap ingin infrastruktur pendukung sirkuit yang pekerjaannya menggunakan teknologi-teknologi terbaru, karena ini adalah sirkuit yang boleh dibilang notabene sirkuit yang punya spesifikasi type A. Tipe A itu gridnya untuk MotoGP,” tambahnya.

“Jadi ini butuh detail perhatian yang tinggi untuk bisa dapat homologasi. Jadi di-treatment dengan sangat baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, MGPA menargetkan homologasi Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada Juni 2021. Karena itu, dengan waktu yang tersisa, MGPA benar-benar menaruh perhatian pada penyelesaian Sirkuit Mandalika.

“Target final homologasi itu di bulan Juni 2021, jadi masih ada waktu kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Prioritas kami adalah pertama konstruksi yaitu sirkuit menuju homologasi,” lanjut Happy.

Infografis MotoGP Indonesia 2021

Seperti diketahui, Dorna Sports telah mengumumkan jadwal sementara MotoGP 2021. Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP pun telah menetapkan 20 seri yang akan dilangsungkan pada musim depan.

Akan tetapi, Dorna baru bisa menetapkan 19 seri balapan, di mana satu lagi yakni Sirkuit Brno di Republik Ceko belum mendapat kejelasan. Sementara itu, Dorna juga memasukkan tiga negara yang masuk dalam daftar cadangan untuk menggelar MotoGP 2021 yaitu Indonesia, Rusia, dan Portugal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini