Aprilia Umumkan Pengganti Andrea Iannone untuk MotoGP 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 38 2315246 aprilia-umumkan-pengganti-andrea-iannone-untuk-motogp-2021-CAxcqOhEvh.jpg Andrea Iannone. (Foto: MotoGP)

NOALE – Pihak Aprilia Gresini akhirnya mengambil keputusan soal sosok pembalap pengganti Andrea Iannone di MotoGP 2021. Aprilia mendaftar dua nama pembalap untuk menggantikan Iannone, yakni Lorenzo Savadori dan Bradley Smith.

Aprilia memang menjadi satu-satunya tim yang belum melengkapi susunan pembalapnya untuk musim depan. Mereka baru mengamankan satu nama, yakni Aleix Espargaro, yang sudah beberapa tahun membela tim tersebut.

Bradley Smith

Sementara itu, untuk satu nama lainnya, Aprilia belum mengambil keputusan, setidaknya sampai balapan seri pamungkas MotoGP 2020 yang berlangsung akhir pekan lalu. Tetapi kini, mereka memutuskan mendaftarkan dua nama test rider atau pembalap pengujinya, yakni Lorenzo Savadori dan Bradley Smith, untuk musim depan.

BACA JUGA:Tolak Tawaran Aprilia, Bezzecchi Minta Maaf

Keputusan ini diambil Aprilia setelah kesulitan mencari pengganti Iannone yang tak bisa tampil karena dihukum larangan membalap selama empat tahun. Aprilia sejatinya sudah mendekati sejumlah nama, mulai dari pembalap tersohor di MotoGP hingga rider Moto2.

Nama-nama seperti Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, hingga teranyar Marco Bezzecchi, semuanya menolak tawaran Aprilia. Kini, Aprilia yang tak ingin mengambil risiko besar akhirnya menunjuk dua test rider-nya untuk musim depan.

“Kami menawarkan kesempatan kepada tiga pembalap muda karena merasa proyek kami bisa sangat menarik. Tapi, mereka belum merasa siap untuk lompatan dan, pada saat yang sama, tim-tim sudah menandatangani kontrak. Kami menghormati keputusan mereka,” ujar CEO Aprilia Gresini, Massimo Rivola, sebagaimana dikutip dari Crash, Selasa (24/11/2020).

Dengan begitu, Aleix Espargaro akan menjadi pembalap utama Aprilia pada musim depan. Sementara itu, satu tempat tersisa akan diisi oleh Smith atau Salvadori. Keputusan soal pembalap kedua sendiri baru akan diambil Aprilia usai tes pramusim MotoGP 2021.

“Kami lebih memilih untuk melanjutkan dengan pembalap kami daripada memilih solusi yang masih terbuka, tetapi kami tidak sepenuhnya yakin. Bahkan dalam kondisi sulit musim ini, motor telah meningkat pesat dan secara signifikan mengurangi celah baik di balapan dan latihan di semua sirkuit,” jelas Rivola.

Lorenzo Savadori

"Aleix finis dengan catatan tinggi dan, bahkan dalam balapan kemarin, melaju dengan waktu yang sama dengan para pemimpin. Lorenzo Salvadori juga telah menunjukkan kemajuan yang signifikan hanya dalam tiga balapan dan kami tahu bahwa kami dapat mengandalkan profesionalisme serta pengalaman Bradley,” lanjutnya.

“Aleix akan jelas menjadi pembalap teratas kami. Peran pembalap kedua dan pembalap tes akan ditentukan di akhir jadwal tes musim dingin,” tukas sang CEO.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini