Start Ketiga, Miller Ingin Menang demi Pramac dan Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 38 2313784 start-ketiga-miller-ingin-menang-demi-pramac-dan-ducati-ptXGg6kCSj.jpg Jack Miller bakal start dari posisi tiga (Foto: Twitter/@pramacracing)

PORTIMAO – Posisi ketiga berhasil diamankan Jack Miller pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2020 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Sabtu 21 November malam WIB. Pembalap Tim Pramac Ducati itu langsung mengincar kemenangan demi kado perpisahan yang indah untuk timnya.

Perlahan tapi pasti, Jack Miller membangun momentum positif sejak awal pekan balapan. Setelah terpuruk pada dua sesi latihan bebas, Jumat 20 November 2020, pembalap asal Australia itu langsung melesat di hari kedua.

Tren menanjak dimulai dengan memuncaki daftar catatan waktu kombinasi. Lewat torehan 1 menit 39,205 detik pada sesi latihan bebas tiga (FP3), Jack Miller tampil sebagai yang tercepat. Catatan waktu itu mampu dipertajam menjadi 1 menit 39,038 detik, tetapi hanya mampu menempatkannya di posisi tiga.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2020, Oliveira Rebut Pole Position di Kampung Halaman

Jack Miller melaju di Sirkuit Internasional Algarve (Foto: Twitter/@pramacracing)

Start dari baris depan jelas menambah kepercayaan diri bagi Jack Miller. Pembalap berusia 25 tahun itu cukup yakin mampu memenangi balapan. Jika berhasil, itu akan menjadi kado perpisahan yang manis untuk timnya sekaligus membawa Ducati Corse sebagai juara pada kategori konstruktor.

Infografis MotoGP Portugal 2020

“Saya merasa cukup percaya diri untuk balapan, tetapi tidak mau terlalu melebih-lebihkan. Sebab, masih ada banyak pembalap yang menunjukkan kecepatan yang bagus. Kami harus menjalani start yang bagus untuk menang,” papar Jack Miller, dikutip dari Tutto Motori Web, Minggu (22/11/2020).

“Saya tahu gelar juara konstruktor akan penting artinya buat Ducati. Namun, saya selalu mengatakan ingin menang untuk Pramac. Kami tidak terlalu sering mendapat kesempatan untuk menang. Jadi, saya akan mencobanya,” imbuh pria berjuluk Jackass itu.

Ya, meski gelar juara kategori pembalap sudah diraih Joan Mir dan tim menjadi milik Suzuki Ecstar, masih ada satu lagi, yakni konstruktor. Untuk kategori terakhir, Ducati Corse memiliki nilai yang sama dengan Suzuki yakni 201.

Perlu diketahui, poin kategori konstruktor dihitung dari finis terbaik yang diraih pembalap penunggang motor. Karena itu, maksimal poin yang diraih dari satu balapan adalah 25, sama dengan nilai yang dikoleksi pemenang.

Melihat posisi start, kans Ducati untuk meraih gelar juara terbuka lebar. Jack Miller berada di posisi ketiga, sementara duo pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, memulai balapan dari posisi agak belakang. Satu-satunya yang mesti diwaspadai adalah Yamaha.

Franco Morbidelli dari Tim Petronas Yamaha SRT akan start di posisi dua. Pabrikan berlogo garpu tala itu mengoleksi 188 angka, atau terpaut 13 nilai dari Ducati Corse. Pembalap penunggang motor Ducati wajib finis setidaknya di posisi tiga (16) untuk mengamankan gelar juara dari kejaran Yamaha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini