Iannone Dihukum karena Doping, Miller: Aturannya Sudah Jelas

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 38 2311987 iannone-dihukum-karena-doping-miller-aturannya-sudah-jelas-S7KK1RPhL8.jpg Jack Miller. (Foto: Instagram/@jackmilleraus)

PORTIMAO – Pembalap Tim Pramac Ducati, Jack Miller, menegaskan bahwa aturan soal doping di MotoGP sudah jelas. Karena itu, Miller meyakini takkan ada kesalahpamahan soal aturan doping kepada para pembalapnya.

Hal ini disampaikan Miller saat mengomentari kasus Andrea Iannone. Pembalap asal Italia itu dinyatakan positif menggunakan doping saat melakukan pemeriksaan di MotoGP Malaysia 2019.

Iannone sendiri menjelaskan bahwa zat terlarang itu tak sengaja dikonsumsinya. Zat terlarang terkontaminasi di daging yang dikonsumsinya sebelum menjalani balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Andrea Iannone

Iannone sendiri berdalih adanya kesalahpahaman soal kontaminasi doping yang dialaminya. Tetapi, Miller meragukan hal tersebut karena menilai aturan soal doping di MotoGP sudah sangat jelas dan tepat.

BACA JUGA: Soal Kasus Doping Iannone, Miller Tak Percaya Terkontaminasi dari Makanan

“Kami pembalap menerima buku yang memberi tahu kami apa yang bisa dan tidak bisa lakukan. Saya sudah masuk dalam checklist WADA (badan antidoping internasional) dan sejak saya tiba di MotoGP saya sudah menjalani pemeriksaan sekali atau dua kali setahun,” ujar Miller, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Rabu (18/11/2020).

“Tahun ini lebih dari tahun lainnya, untuk mendapatkan lisensi kami, kami harus duduk dan melakukan kursus 3,5 jam dengan WADA, dan kami semua dapat membaca berbagai cara untuk menghindari berakhirnya situasi yang tidak nyaman,” lanjutnya.

“Materinya ada di sana, kami tahu apa yang bisa kami ambil. Bagi saya, saya paranoid tentang protein dan suplemen karena kontaminasi selalu terjadi dan saya sangat memperhatikan semuanya. Sebuah kesalahan kecil bisa menghabiskan banyak biaya, tapi ada aturan yang harus dihormati untuk bertahan di dunia ini,” tukas Miller.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini