Bagi Brivio, Ini Bedanya Joan Mir dengan Valentino Rossi

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 38 2311478 bagi-brivio-ini-bedanya-joan-mir-dengan-valentino-rossi-ZSrEY6ji3g.jpg Joan Mir dan Valentino Rossi. (Foto: Instagram/@motogp)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki, Davide Brivio, sudah pernah bekerja bersama sejumlah pembalap top di MotoGP yang akhirnya menorehkan kesuksesan. Beberapa di antaranya ialah Valentino Rossi dan Joan Mir.

Brivio sendiri diketahui menjadi manajer tim di Suzuki sejak 2015 sampai saat ini. Dengan begitu, ia bekerja bersama Mir dan juga Alex Rins kini. Tetapi jauh sebelum bekerja untuk Suzuki, Brivio merupakan manajer dari tim Yamaha. Ia bekerja bersama Rossi sejak awal kedatangannya ke Yamaha.

Valentino Rossi

Dalam kerja samanya dengan dua nama tersebut, prestasi manis pun berhasil diukir Rossi dan Mir. Keduanya sama-sama bisa merebut gelar juara di pentas MotoGP. Tetapi, Brivio mengaku adanya perbedaan dalam menangani Rossi dan Mir untuk menjadi sukses di MotoGP.

BACA JUGA: Jadi Juara MotoGP, Joan Mir Berani Pakai Nomor 1?

Untuk Rossi, Brivio merasa dia sudah punya modal besar untuk menjadi sukses saat bekerja sama. Sebab, saat datang ke Yamaha, The Doctor -julukan Rossi- sudah merebut gelar juara di beberapa kelas. Jadi, Brivio merasa tak sulit untuk membentuk Rossi menjadi pembalap sukses.

“Ketika saya mulai bekerja dengan Valentino Rossi, saya pikir dia sudah menjadi juara dunia lima kali. Jadi, dia sudah menjadi pembalap yang dewasa,” ujar Brivio, sebagaimana dikutip dari Autosports, Rabu (18/11/2020).

Joan Mir

Tetapi, kondisi yang berbeda dialami oleh Mir. Ia datang ke Suzuki sebagai pembalap debutan di kelas MotoGP. Ia tak memilik pengalaman besar untuk merebut gelar juara di ajang tersebut.

Selama berkarier di ajang grand prix, Mir baru merebut satu gelar juara. Itu pun diraihnya di kelas Moto3. Penampilan Mir di musim debutnya di kelas MotoGP sendiri diketahui tak berjalan mulus sehingga belum bisa merebut kepercayaan banyak orang.

Meski begitu, Brivio tetap yakin dengan kemampuan Mir. Sang pembalap pun berhasil menunjukkan kinerja manis hingga akhirnya merebut gelar juara di tahun keduanya mentas di MotoGP. Kondisi inilah yang menjadi perbedaan dari saat bekerja sama dengan Rossi dan Mir.

“Joan Mir, dia datang kepada kami sebagai rookie, tapi yang pasti Joan punya tekad yang kuat. Misalnya, di latihan bebas 3 (di Valencia) kami berada di luar 10 besar untuk kualifikasi 2 dan di latihan bebas 3 dia harus memberikan, kondisinya rumit, dan dia melakukannya,” tutur Brivio.

Joan Mir

“Jadi, dia memiliki determinasi yang hebat dari sudut pandang ini. Ketika dia mengalami tekanan, ketika dia tidak naik podium, dan kemudian ketika dia naik podium, dia tetap stabil pada penampilan itu,” lanjutnya.

“Saya rasa sulit untuk membandingkan karena dengan Joan ini adalah permulaan. Kami harus melihat di masa depan, mungkin akan memakan waktu dua, tiga, empat tahun untuk mendapatkan pembalap yang matang sepenuhnya. Tapi tentu saja, ini awal kami berada dalam situasi yang baik,” tukas Brivio.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini