Naik Podium 5 Kali, Pol Espargaro seperti Bermimpi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 38 2311360 naik-podium-5-kali-pol-espargaro-seperti-bermimpi-ap5qRYwkM7.jpg Pol Espargaro menyemburkan sampanye (Foto: Twitter/@polespargaro)

VALENCIA – Keberhasilan naik podium pada MotoGP Valencia 2020 membuat Pol Espargaro bahagia. Pembalap Tim KTM Red Bull itu menyebut, kesempatan lima kali naik podium sepanjang musim ini, terasa bagaikan mimpi.

Kinerja Pol Espargaro pada tahun keempatnya bersama KTM Red Bull benar-benar mengilap. Sejak naik kelas ke MotoGP pada 2014, baru kali ini dirinya bisa konsisten bertarung di baris terdepan. Pindah ke KTM pada akhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2016 tampak membawa berkah tersendiri.

Bersama pabrikan asal Austria itu, Pol Espargaro bisa mencicipi podium pertamanya di MotoGP pada seri Valencia 2017. Sempat vakum naik podium sepanjang 2019, kali ini Polyccio mampu lima kali finis di posisi tiga pada 2020.

Baca juga: Fokus Pol Espargaro Sudah ke Repsol Honda

Pol Espargaro melaju di Sirkuit Ricardo Tormo (Foto: Twitter/@polespargaro)

Lima podium bersama KTM tersebut masih membuat Pol Espargaro sedikit takjub. Sebab, proyek yang dikembangkan bersama KTM masih terlalu dini, yakni empat tahun. Maka, tidak heran apabila dirinya menyebut ini semua bagaikan sebuah mimpi.

“Dalam sembilan balapan (terakhir), saya bisa naik podium lima kali. Ini seperti tidak nyata. Rasanya kami seperti bermimpi setelah empat tahun bekerja keras,” ujar Pol Espargaro, sebagaimana melansir dari Motorsport, Rabu (18/11/2020).

“Kami sangat bangga, terutama dalam dua balapan beruntun, di mana semua orang bisa mengoptimalkan paket motornya. Hasil ini sungguh penting. Sangat bangga dengan apa yang kami raih,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Prestasi tersebut akan menjadi peninggalan yang manis bagi Pol Espargaro untuk KTM Red Bull. Ya, adik dari Aleix Espargaro itu pada musim depan akan hengkang ke Repsol Honda. Ia mengakui, fokusnya kini sudah mulai terarah kepada motor RC213V.

“Anda bisa pergi ke Honda dengan rasa takut atau dengan ambisi. Saya tidak sabar untuk belajar dari yang terbaik (Marc Marquez), memahami apa yang dilakukannya, melihat apakah motornya sesulit yang mereka katakan,” papar Pol Espargaro, dikutip dari Tutto Motori Web.

“Melihat berapa banyak pembalap yang gagal melaju kencang dengan motor itu, adalah sebuah tantangan. Akan tetapi, saya akan melakukannya perlahan. Jika ada yang saya pelajari hingga sekarang, itu bekerja dan sabar,” imbuh pembalap berusia 29 tahun itu.

Untuk sementara waktu, Pol Espargaro masih harus fokus membela KTM Red Bull. Sebab, musim ini masih menyisakan satu seri, MotoGP Portugal 2020, di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao. Balapan penutup itu bakal menjadi perpisahan antara Pol Espargaro dangan KTM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini