Lecuona Positif Covid-19, Mika Kallio Ditunjuk sebagai Pengganti di MotoGP Portugal

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 38 2311247 lecuona-positif-covid-19-mika-kallio-ditunjuk-sebagai-pengganti-di-motogp-portugal-1syRCqqZ6o.jpg Mika Kallio. (Foto: MotoGP)

PORTIMAO – Pihak Tim KTM Tech3 memutuskan untuk menurunkan Mika Kallio sebagai pengganti Iker Lecuona di balapan pamungkas musim ini, yakni MotoGP Portugal 2020. Keputusan ini diambil setelah Lecuona dinyatakan positif terjangkit virus corona pada akhir pekan lalu.

Sebagaimana diwartakan laman resi MotoGP, Selasa (17/11/2020), Lecuona dinyatakan positif terjangkit Covid-19 jelang mentas di MotoGP Valencia 2020. Ia dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah menjalani tes PCR di Valencia, Spanyol.

Iker Lecuona

Leucona sendiri sejatinya memang baru saja selesai menjalani isolasi mandiri selama 10 hari di rumahnya yang berada di Andorra. Karantina mandiri ini diakukan karena Lecuona melakukan kontak dengan kakaknya yang positif terjangkit virus corona.

BACA JUGA: Lupakan Hasil Buruk di Valencia, Valentino Rossi Antusias Jajal Aspal Portimao

Kala itu, tes PCR Lecuona sendiri dinyatakan negatif. Tetapi, sesuai aturan pemerintah setempat, ia tetap haru menjalani karantina mandiri. Setelah 10 hari melakukan isolasi, Lecuona mendapat izin untuk melakukan perjalanan ke Valencia guna tampil dalam balapan akhir pekan ini.

Tetapi, ia tetap gagal balapan karena tesnya dinyatakan positif. Dengan begitu, Lecuona melewati dua balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Kini, ia juga dipastikan absen di seri pamungkas, yakni MotoGP Portugal 2020 yang berlangsung akhir pekan ini.

Perannya digantikan oleh Mika Kallio di Stadion Portimao. Pembalap asal Finlandia itu akan kembali ke MotoGP setelah berlaga di paruh kedua pada 2019 untuk Red Bull KTM menyusul kepergian Johann Zarco.

Mika Kallio pun menyambut kesempatan mentas lagi di MotoGP ini dengan gembira. Tetapi, ia tetap menyatakan keprihatinannya kepada Lecuona yang harus menghadapi masa sulit ini.

"Pertama-tama, ini bukan situasi yang mudah bagi tim dan bagi Iker Lecuona. Saya minta maaf karena dia juga harus melewatkan balapan ini. Jadi, saya akan naik motor, yang mana bukan semudah itu saat ini,” ujar Kallio, sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa (17/11/2020).

“Jelas, akan menarik untuk melihat kecepatan saya dan bagaimana saya bisa mempelajari trek baru dan banyak hal lainnya. Tentu saja, kru itu baru bagi saya, jadi saya punya banyak hal untuk dipelajari. Ini tantangan besar dan kami akan pergi dan melakukan segalanya sebaik mungkin,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini