4 Pembalap Spanyol yang Juara MotoGP/500cc

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 38 2310895 4-pembalap-spanyol-yang-juara-motogp-500cc-iYoyrKP9GV.jpg Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. (Foto: MotoGP)

KIPRAH pembalap Spanyol di MotoGP tampak begitu mentereng. Ada sejumlah nama yang telah berhasil mengukir prestasi manis di ajang balap motor grand prix kelas premier tersebut.

Gelar juara bisa diraih beberapa rider asal Negeri Matador –julukan Spanyol– di MotoGP hingga membuat harum nama negaranya. Tak ayal, kehadiran sejumlah pembala asal Spanyol pun diwaspadai rider-rider lain.

Ada beberapa pembalap Spanyol yang sudah pernah meraih gelar juara di kelas premier, yakni baik saat masih 500cc ataupun kala sudah bertajuk MotoGP. Bahkan beberapa tak hanya meraih satu kali saja titel tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut empat pembalap Spanyol yang juara MotoGP/500cc:

1. Alex Criville (1 Gelar)

Di urutan pertama, ada nama Alex Criville. Pembalap kelahiran Barcelona, Spanyol, 4 Maret 1970 ini berhasil membawa harum nama Negeri Matador 1999.

Alex Criville

Kala itu, Criville mentas di kelas premier yang masih bertajuk 500cc. Penampilannya terlihat sangat fantastis kala itu. Criville yang membela Honda mengoleksi enam kemenangan dan empat podium di sepanjang musim 1999.

Alhasil, ia mengumpulkan 267 angka di akhir musim. Dengan jumlah ini, Criville berhasil menyegel gelar juara pertama dan terakhirnya tersebut di kelas 500cc. Ia unggul 47 poin dari lawan terberatnya, yakni Kenny Roberts Jr.

2. Jorge Lorenzo (3 Gelar)

Selanjutnya, ada nama Jorge Lorenzo. Kiprah pembalap kelahiran Palma, Spanyol, 4 Mei 1987 ini lebih manis ketimbang Alex Criville. Ia total dapat meraih tiga gelar juara selama berkarier di MotoGP.

Jorge Lorenzo

Gelar juara pertamanya didapat pada 2010. Kemudian, X-Fuera –julukan Lorenzo– mengulangi kesuksesannya pada MotoGP 2012 dan 2015. Semua gelar juara ini diraih Lorenzo bersama Yamaha.

Sayangnya kini, aksi Lorenzo sudah tak lagi bisa terlihat di pentas MotoGP. Ia memutuskan pensiun pada akhir musim 2019 usai menuai hasil minor di sepanjang musim tersebut bersama Honda.

3. Marc Marquez (6 Gelar)

Marc Marquez menjadi pembalap yang paling tersohor dari Spanyol di pentas MotoGP. Bagaimana tidak, ia menorehkan kesuksesan yang luar biasa selama berkarier di sana.

Marc Marquez

Marquez total telah meraih enam gelar juara di MotoGP. Keenam gelar itu didapat pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018 dan 2019. Ia sudah tampil gemilang saat menjalani debut di kelas MotoGP bersama Repsol Honda.

Dengan catatan ini, Marquez menjadi pembalap ketiga tersukses di kelas premier. Ia berada di bawah Giacomo Agostini (8 gelar juara) dan Valentino Rossi (7 gelar juara). The Baby Alien –julukan Marquez– berpeluang menyamai rekor Rossi ataupun Agostini karena masih kompetitif sampai saat ini di MotoGP.

4. Joan Mir (1 Gelar)

Terakhir, ada nama Joan Mir. Ia baru saja menambah panjang daftar pembalap asal Spanyol yang berprestasi manis di MotoGP. Sebab, Mir berhasil menyegel gelar juara MotoGP 2020.

Joan Mir

Pembalap kelahiran Palma, Spanyol, 1 September 1997 itu menyegel gelar juara MotoGP 2020 usai tampil apik dan konsisten di sepanjang musim. Mir yang meraih satu kemenangan dan enam podium memastikan diri menjadi kampiun usai balapan MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung akhir pekan lalu.

Nama Mir sendiri tak masuk prediksi juara MotoGP 2020. Tetapi, ia berhasil memanfaatkan momentum dengan baik kala sang rival terberat, yakni Marc Marquez, harus absen panjang akibat cedera parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini