Meregalli Yakin Crutchlow Cocok Jadi Pembalap Penguji Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 16 November 2020 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 38 2310061 meregalli-yakin-crutchlow-cocok-jadi-pembalap-penguji-yamaha-Kh8QD2koVd.jpg Cal Crutchlow (Foto: Laman resmi MotoGP)

VALENCIA – Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, puas dengan perekrutan Cal Crutchlow. Crutchlow akan menjadi pembalap penguji Yamaha untuk musim 2020.

Yamaha tidak memperpanjang kontrak Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji. Yamaha tidak puas dengan kinerja Por Fuera –julukan Lorenzo– dalam mengembangkan motor Yamaha, YZR-M1.

Cal Crutchlow (Foto: Laman resmi MotoGP)

Setelah mengakhiri perjalanan dengan Lorenzo, Yamaha pun mencari pembalap penguji baru untuk musim depan. Yamaha sempat berkomunikasi dengan Andrea Dovizioso, yang kontraknya bersama Mission Winnow Ducati habis pada akhir musim ini, tetapi tidak mencapai kesepakatan.

Yamaha pun beralih ke Crutchlow yang kontraknya tidak diperpanjang LCR Honda. Komunikasi dengan pembalap berumur 35 tahun itu berjalan lancar sehingga kesepakatan pun tercapai.

BACA JUGA: Valentino Rossi Nilai Yamaha Berjalan ke Arah yang Salah

Tim pabrikan asal Iwata, Jepang itu, akan mengembangkan YZR-M1 bersama Crutchlow yang kaya pengalaman di MotoGP. Crutchlow sudah berlaga di MotoGP sejak 2011 hingga musim ini.

Selama berkarier di MotoGP, Crutchlow pernah membela Monster Energy Yamaha Tech3 (2011-2013), Ducati (2014), dan LCR Honda (2015-2020). Pengalaman itu diharapkan mampu membantu Yamaha mengembangkan YZR-M1 menjadi lebih baik ketimbang sekarang.

Crutchlow akan memulai pekerjaannya bersama Yamaha dalam shakedown test yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 14-16 Februari 2021. Pembalap asal Inggris itu akan mengendarai YZR-M1 untuk pertama kalinya di sana.

“Keputusan memilih Cal (Crutchlow) dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Dia menunjukkan minat yang besar dan ingin beralih dari pembalap reguler menjadi pembalap penguji,” kata Meregalli, menyadur dari Tutto Motori Web, Senin (16/11/2020).

BACA JUGA: Valentino Rossi Kecewa Omongannya Tak Didengar Yamaha

“Kami yakin dengan pengalaman dan kecepatannya dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Kami yakin, jika pandemi Covid-19 mungkin mereda, segalanya akan berbeda tahun depan,” tuturnya.

Crutchlow diharapkan mampu mendukung para pembalap Yamaha dari balik layar. Keberhasilan Crutchlow menjalankan tugasnya adalah salah satu faktor yang memperbesar peluang Yamaha berjaya pada musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini