Tak Hanya Joan Mir, Suzuki Ecstar Juga Kunci Status Tim Terbaik MotoGP 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 38 2310052 tak-hanya-joan-mir-suzuki-ecstar-juga-kunci-status-tim-terbaik-motogp-2020-9xsBtRiI1W.jpg Joan Mir dan tim balap Suzuki Ecstar (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Gelaran MotoGP Valencia 2020 menjadi seri yang membahagiakan bagi Tim Suzuki Ecstar. Pasalnya, mereka memastikan diri merebut gelar juara di dua kategori, yaitu pembalap dan tim.

Pembalap Suzuki, Joan Mir, memastikan diri menjadi kampiun setelah finis ketujuh di MotoGP Valencia 2020. Sebab, perolehan poin Mir sekatang di klasemen pembalap tidak bisa dikejar lagi oleh para pesaingnya.

Saat ini, Mir memuncaki klasemen MotoGP 2020 dengan perolehan 171 poin. Ia unggul 29 angka dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang menempati posisi kedua. Dengan hanya menyisakan satu seri balapan lagi, tak ada peluang bagi Morbidelli menggusur posisi Mir.

Baca juga: Juara MotoGP 2020, Joan Mir Akhiri 20 Tahun Dahaga Suzuki

Joan Mir

Beriringan dengan itu, perolehan poin milik Tim Suzuki Ecstar di papan klasemen juga tidak bisa dikejar lagi oleh rival-rival mereka. Saat ini, Suzuki Ecstar memuncaki klasemen tim dengan raihan 309 poin.

Suzuki Ecstar unggul 79 poin atas Petronas Yamaha SRT yang menempati urutan kedua. Karena hanya tinggal menyisakan satu seri lagi, maka sudah tidak mungkin bagi Petronas Yamaha SRT menggusur perolehan poin Suzuki Esctar.

Bahkan, jika dua pembalap Petronas Yamaha SRT mampu menempati posisi pertama dan kedua di seri terakhir, sedangkan dua pilot Suzuki tak meraih poin, mereka tetap tidak bisa melakukan kudeta. Sebab, hal itu hanya membuat Petronas Yamaha SRT mendapat tambahan 45 poin.

Kendati demikian, persaingan di seri terakhir, yaitu MotoGP Portugal 2020 dijamin akan tetap berlangsung menarik. Pasalnya, Suzuki tetap mengusung hasil terbaik dalam seri terakhir yang akan dilangsungkan Minggu 22 Oktober 2020 di Sirkuit Portimao, Portugal, itu.

Suzuki sejatinya juga membidik status konstruktor terbaik. Saat ini, Suzuki memang menempati posisi pertama klasemen konstruktor dengan perolehan 201 poin. Akan tetapi, raihan poin mereka tersebut sama dengan Ducati yang ada di urutan kedua.

Joan Mir dan Alex Rins

Selain itu, Yamaha yang menempati posisi ketiga dengan 188 angka juga masih memiliki peluang untuk melakukan kideta. Maka dari itu, Suzuki disinyalir bakal tampil habis-habisan dalam balapan mendatang demi bisa menyabet triple crown.

Yamaha sebenarnya sudah mengoleksi 238 poin sebagai konstruktor. Akan tetapi, mereka mendapat hukuman karena dianggap tidak mematuhi protokol yang berlaku. Yamaha dihukum dengan potongan 50 poin. Sehingga, saat ini mereka hanya punya 188 poin saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini