Share

Joan Mir Juarai MotoGP dengan Jumlah Kemenangan Paling Sedikit

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 38 2310045 joan-mir-juarai-motogp-dengan-jumlah-kemenangan-paling-sedikit-nRS4l4DVMx.jpg Pembalap Suzuki, Joan Mir (Foto: Laman MotoGP)

VALENCIA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2020. Kepastian ini didapat setelah pembalap berpaspor Spanyol itu menyelesaikan balapan di posisi ketujuh dalam gelaran MotoGP Valencia 2020.

Saat ini, Mir memuncaki klasemen MotoGP 2020 dengan perolehan 171 poin. Ia unggul 29 angka dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang menempati posisi kedua. Dengan hanya menyisakan satu seri balapan lagi, tak ada peluang bagi Morbidelli menggusur posisi Mir.

Hasil ini pun menjadikan Mir sebagai juara dunia MotoGP dengan jumlah kemenangan paling sedikit. Pasalnya, sepanjang berlangsungnya Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, Joan Mir baru meraih satu kemenangan.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2020: Joan Mir Juara MotoGP 2020

Joan Mir

Adapun kemenangan tersebut diperoleh Mir pada akhir pekan lalu, yakni dalam gelaran MotoGP Eropa 2020. Walaupun begitu, Mir mampu tampil konsisten di jajaran depan musim ini, sehingga meski ia hanya meraih satu kemenangan, namun perolehan poinnya tetap tinggi.

Tercatat, sepanjang musim ini Mir telah meraih podium sebanyak tujuh kali. Jumlah tersebut menjadikan Mir sebagai pembalap dengan raihan podium terbanyak di MotoGP 2020.

Sepanjang sejarah berlangsungnya kejuaraan dunia balap motor grand prix, sejatinya belum ada satu pun pembalap yang mampu menjadi kampiun di kelas premier dengan hanya meraih satu kemenangan. Maka dari itu, Mir menjadi pembalap pertama yang melakukannya.

Sebelum ini, torehan kemenangan paling sedikit yang diraih oleh seorang pembalap untuk menjadi juara dunia adalah sebanyak dua kali. Catatan ini dibuat salah satunya oleh Nicky Hayden dalam Kejuaraan Dunia MotoGP 2006.

Di ajang MotoGP 2020, sebenarnya dua pembalap satelit Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, adalah nama-nama yang meraih kemenangan paling banyak. Masing-masing tercatat telah membukukan tiga kemenangan.

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

Quartararo sendiri pada awalnya adalah pembalap yang digadang-gadang bakal menjadi juara dunia MotoGP musim ini. Sebab, Quartararo memulai kejuaraan secara gemilang dengan menyabet kemenangan di dua seri perdana MotoGP 2020.

Sementara itu, Morbidelli kerap tampil tidak konsisten di musim ini. Meski meraih tiga kemenangan, namun anak didik Valentino Rossi itu sebanyak tiga kali juga gagal finis dan dua kali menyelesaikan balapan di luar urutan 10 besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini