Vinales Nilai Yamaha Butuh Kejujuran Crutchlow untuk Mengembangkan Motor

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 01:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 38 2309330 vinales-nilai-yamaha-butuh-kejujuran-crutchlow-untuk-mengembangkan-motor-qrL1SQa5MJ.jpg Maverick Vinales berbincang dengan Cal Crutchlow (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Masa depan Cal Crutchlow akhirnya terungkap. Pria asal Inggris itu resmi diumumkan sebagai pembalap tes Yamaha MotoGP pada 2021. Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, menyambut baik peresmian tersebut.

Seperti diberitakan, Yamaha melepas Jorge Lorenzo dari peran sebagai pembalap tes. Padahal, Por Fuera baru saja direkrut pada Januari 2020. Minimnya waktu tes plus performa buruk menjadi pertimbangan utama melepas pria berusia 33 tahun itu.

Posisi tersebut lantas ditawarkan kepada Andrea Dovizioso. Namun, pembalap asal Italia itu menolak tawaran dari Yamaha dan memilih mengambil cuti sabatikal pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Pada akhirnya, pabrikan berlogo garpu tala itu memilih Cal Crutchlow.

Baca juga: Yamaha Rekrut Crutchlow, Jarvis: Terima Kasih Jorge Lorenzo!

Maverick Vinales bersiap balapan (Foto: Twitter/@mvk12official)

Tak butuh waktu lama bagi Cal Crutchlow untuk mengangguk setuju pada tawaran Yamaha. Masuknya pembalap asal Inggris itu membuat Maverick Vinales senang. Sebab, koleganya itu tidak segan-segan memberi masukan soal apa yang kurang dari motor sehingga nantinya akan berguna.

“Tentu saja, sangat penting untuk memiliki Cal karena apa yang sukai dari dia adalah, dia sangat terang-terangan ketika mengeluarkan komentar dan jika dia perlu mengatakan sesuatu yang buruk tentang Anda, dia akan mengatakannya,” tutur Maverick Vinales, dilansir dari Crash, Sabtu (14/11/2020).

“Kami butuh mengetahui apakah segalanya bekerja dengan baik, tetapi bukan dalam waktu lima bulan, kami butuh untuk mengetahui semuanya dalam satu hari. Tentu saja itu keputusan Yamaha, tetapi apa yang saya rasakan dari Cal adalah, dia bisa membantu meningkatkan motor dengan baik,” imbuh pria asal Spanyol itu.

Salah satu nilai plus Cal Crutchlow adalah dia cukup malang melintang di MotoGP dengan tiga pabrikan, yakni Yamaha, Ducati, dan Honda. Pengalaman pembalap berusia 35 tahun itu tentu sangat berguna sebagai masukan kepada teknisi-teknisi Yamaha.

“Kita melihat dari Honda, mereka memiliki daya cengkeram ban belakang yang sangat baik dan Cal tahu betul tentang itu. Jadi, kami bisa mendapat informasi berharga,” lanjut Maverick Vinales.

“Ketika Cal menjalani hari yang baik, sangat sulit untuk mengalahkannya. Jadi, dia bisa membawa banyak informasi penting dan saya senang dengan karakternya yang apa adanya. Kami membutuhkan itu di tim,” tukas pembalap berjuluk The Top Gun itu.

Yamaha sendiri bukan tempat yang asing buat Cal Crutchlow. Ia bahkan memulai karier balapnya di MotoGP pada 2011 bersama tim satelit Tech3 Yamaha. Setelah itu, Crutchlow hengkang ke Ducati pada 2014, sebelum akhirnya berlabuh di Honda pada 2015-2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini