Gabung Avintia, Luca Marini Dibekali Motor Warisan Johann Zarco

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 38 2307429 gabung-avintia-luca-marini-dibekali-motor-warisan-johann-zarco-Hu4XplR5kc.jpg Luca Marini akan memakai motor warisan Johann Zarco (Foto: Twitter/@SkyRacingTeam)

VALENCIA – Kabar bagus bagi Luca Marini. Saat bergabung dengan Reale Avintia Ducati pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, pembalap asal Italia itu akan mendapat motor yang sama seperti Johann Zarco. Sebab, ada perubahan kebijakan dari pihak Ducati.

Sebagaimana diberitakan, Luca Marini dipastikan bergabung dengan Reale Avintia Ducati pada musim depan. Pengumuman itu muncul di sela-sela pekan balapan MotoGP Valencia 2020, Sabtu 7 November malam WIB.

Pertanyaan kemudian muncul. Tim Reale Avintia Ducati akan membekali Luca Marini dengan motor yang mana. Sebab, dua pembalap saat ini, Johann Zarco dan Tito Rabat, mengaspal dengan dua spesifikasi yang berbeda.

Baca juga: Gabung Avintia Ducati, Luca Marini Pakai Seragam VR46

Johann Zarco menunggangi motor Desmosedici GP19 (Foto: MotoGP)

Johann Zarco diketahui membalap dengan motor Desmosedici GP19 spesifikasi pabrikan, sementara Tito Rabat masih memakai versi 2018. Manajer Sky Racing VR46, Pablo Nieto, memastikan motor yang diwariskan kepada Luca Marini adalah milik Zarco yang akan hengkang ke Pramac.

“Dia akan memakai motor yang sama dengan yang ditunggangi Zarco sekarang. Dengan kesepakatan untuk MotoGP 2021, Anda tidak bisa mendapat motor baru. Jadi, kami akan terus memakai motor yang sama,” ujar Pablo Nieto, dikutip dari The Race, Selasa (10/11/2020).

“Sekarang ini, Tito Rabat dan Johann Zarco memakai motor yang berbeda. Namun, pada 2021, kedua pembalap akan memakai motor yang sama,” sambung pria asal Spanyol itu.

Ya, Dorna Sports dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) serta seluruh tim, mencapai kesepakatan perihal pembekuan pengembangan motor serta aerodinamika. Pembekuan itu akan berlaku pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Itu berarti, semua motor saat ini, akan dipakai lagi musim depan.

Reale Avintia Ducati sendiri akan diperkuat dua pembalap pendatang baru. Selain Luca Marini, ada nama Enea Bastianini. Keduanya merupakan pembalap didikan akademi VR46, sekali pun kini bernaung di tim yang berbeda pada Moto2 2020.

Sekali pun motornya sama, kedua pembalap bakal memakai warna seragam yang berbeda. Enea Bastianini tetap akan berseragam Reale Avintia (Esponsorama Racing), sedangkan Luca Marini masih akan berbendera Sky Racing VR46.

Perbedaan warna seragam dan motor dalam tim yang sama bukan hal yang aneh di MotoGP. Itu sudah terjadi pada LCR Honda di mana Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami memakai warga berbeda karena sponsor, tetapi dalam naungan tim yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini