Gabung Avintia Ducati, Luca Marini Pakai Seragam VR46

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 38 2307387 gabung-avintia-ducati-luca-marini-pakai-seragam-vr46-kRlHLrI7pb.jpg Luca Marini melaju di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (Foto: Twitter/@SkyRacingVR46)

VALENCIA – Bergabungnya Luca Marini ke Tim Reale Avintia Ducati pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 tidak lantas menghilangkan ciri Tim Sky Racing VR46. Menurut Manajer Tim Sky Racing VR46, adik tiri Valentino Rossi itu mungkin masih akan memakai seragam timnya di Moto2 pada musim depan.

Sebagaimana diberitakan, Luca Marini dipastikan bergabung dengan Reale Avintia Ducati pada musim depan. Pengumuman itu muncul di sela-sela pekan balapan MotoGP Valencia 2020, Sabtu 7 November malam WIB.

Dengan promosi ke kelas premier, Luca Marini akan bergabung dengan rekan satu akademi di VR46, Enea Bastianini. Sekali pun ada dalam naungan akademi balap yang sama, keduanya kini membela tim yang berbeda pada Moto2 2020.

Baca juga: Luca Marini Gabung Avintia, Ambisi Valentino Rossi Miliki Tim MotoGP Semakin Mulus

Luca Marini resmi bergabung dengan Ducati

Dikarenakan baru pengumuman saja, masih ada kemungkinan Luca Marini mengenakan seragam VR46 pada musim depan. Perbedaan bahkan akan terjadi hingga warna motor kedua pembalap. Hal itu diungkapkan oleh Pablo Nieto.

“Sedikit rumit tetapi pada akhirnya sudah cukup mudah. Kami akan memiliki satu motor dengan warna Reale Avintia dan satu lagi Luca Marini, yang akan menggunakan warna yang sama dengan tahun ini,” ujar Pablo Nieto, melansir dari The Race, Selasa (10/11/2020).

Perbedaan warna seragam dan motor dalam tim yang sama bukan hal yang aneh di MotoGP. Itu sudah terjadi pada LCR Honda di mana Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami memakai warga berbeda karena sponsor, tetapi dalam naungan tim yang sama.

Kembali pada Reale Avintia, Pablo Nieto mengaku akan menjalani peran ganda. Selain tetap berperan penting di Sky Racing VR46 sebagai tim manajer, dirinya juga akan mendapat jabatan penting di Reale Avintia Ducati pada MotoGP 2021.

“Sejujurnya, saya belum punya kalimat yang tepat untuk diucapkan, entah saya akan menjadi direktur olahraga atau manajer tim. Bersama Ruben (Xaus, Manajer Tim Reale), kami akan bekerja sama dengan erat. Sementara di Moto2, peran dan fungsi saya sebagai manajer tim tetap normal,” papar Pablo Nieto.

Pernyataan dari Pablo Nieto semakin menguatkan isu akuisisi Reale Avintia Ducati oleh Sky Racing VR46. Sebab, ada dua personel kunci dari tim milik Valentino Rossi itu di Reale Avintia pada MotoGP 2021, yakni Luca Marini dan Pablo Nieto.

Rumor akuisisi tersebut sejatinya sudah berkembang sejak awal Oktober 2020. Namun, Pemilik Tim Raul Romero menegaskan Reale Avintia Ducati tetap turun di MotoGP 2021. Sedangkan pada MotoGP 2022, belum ada kepastian apa pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini