Suzuki Ingin Ulangi Finis 1-2 di MotoGP Valencia 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 38 2307325 suzuki-ingin-ulangi-finis-1-2-di-motogp-valencia-2020-1eHE6CqrjP.jpg Dua pembalap Suzuki Ecstar berdiri di podium (Foto: Suzuki Racing)

VALENCIA – Sejarah tercipta buat Suzuki kala Joan Mir dan Alex Rins mengakhiri balapan MotoGP Eropa 2020, Minggu 8 November silam, di posisi 1-2. Manajer Teknis Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi, berharap catatan sejarah itu bisa diulangi pada pekan depan di GP Valencia 2020.

Keberhasilan finis pada dua posisi terdepan itu merupakan yang pertama kali bagi Suzuki sejak 1982. Kala itu, Suzuki mengantar dua pembalapnya, Randy Mamola dan Virginio Ferrari finis 1-2 pada GP Jerman di Sirkuit Hockenheimring.

Tentu saja, keberhasilan itu menyenangkan seluruh petinggi Suzuki. Sejak kembali ke ajang MotoGP pada 2015, mereka masih tertatih-tatih mengembangkan motor GSX-RR. Perjuangan keras itu akhirnya terbayar lima tahun kemudian di Valencia.

Baca juga: Pol Espargaro: Motor Suzuki Bagaikan Rudal Biru

Pol Espargaro mengejar duo Suzuki (Foto: Twitter/@polespargaro)

Hasil finis 1-2 itu dinilai sangat sempurna oleh Manajer Teknis Ken Kawauchi. Sekali pun sempat mendapat tantangan karena cuaca yang berubah-ubah, Joan Mir dan Alex Rins ternyata sanggup tampil mengesankan.

“Sebuah hasil yang sempurna buat tim. Selamat dan terima kasih banyak kepada Joan dan Alex! Sangat hebat rasanya bisa melihat finis 1-2 di balapan,” ujar Ken Kawauchi, dikutip dari laman resmi Suzuki Racing, Selasa (10/11/2020).

“Kamit tidak punya banyak waktu untuk menyetel motor karena kondisi kering, tetapi saya cukup terkesan dengan performa dua pembalap serta motor. Saya ingin berterima kasih juga kepada semua staf. Kami akan mencoba mengulanginya lagi pekan depan!” tutup pria asal Jepang itu.

Kebahagiaan yang sama dirasakan Manajer Tim Davide Brivio. Ia mengaku sudah memimpikan untuk melihat kedua pembalap finis terdepan. Walau perasaan tersebut sangat luar biasa, ia meminta segenap personel untuk tetap fokus pada sisa dua balapan terakhir.

“Sebuah balapan yang luar biasa. Saya sudah memimpikan sejak lama melihat Suzuki ada di posisi 1-2 dan pekan lalu berhasil mewujudkannya. Terima kasih kepada semua tim, juga Joan dan Alex!” ujar Davide Brivio.

“Kami melakukan sebuah pekerjaan fantastis musim ini. Kami memimpin di tiga kategori klasemen dan kedua pembalap sangat kuat di balapan. Saya ingin terus mendapat perasaan seperti ini, tetapi masih ada dua balapan tersisa dan harus fokus,” imbuh pria asal Italia itu.

Ya, Suzuki kini memimpin pada kategori pembalap, tim, dan konstruktor. Tim berkelir biru itu bahkan berpeluang besar menyamai catatan Honda dan Yamaha, yakni meraih triple crown alias sapu bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini