Legenda MotoGP Ini Percaya Dovizioso Bisa Jadi Test Rider yang Hebat

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 38 2303425 legenda-motogp-ini-percaya-dovizioso-bisa-jadi-test-rider-yang-hebat-ivWnmALZH9.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. (Foto: Twitter/AndreaDovizioso)

BOLOGNA – Legenda MotoGP, Mick Doohan, sangat menyayangkan keputusan Andrea Dovizioso jika benar-benar memilih menjadi pembalap tes di MotoGP 2021. Hal itu karena menurutnya Dovizioso masih sangat kompetitif dan masih berpeluang besar untuk menjadi juara dunia di MotoGP.

Akan tetapi, Doohan pun sadar bahwa tak ada tim bagus yang bersedia menampung Dovizioso pada musim depan nanti. Keputusan Dovizioso yang berpisah di tengah musim MotoGP 2020 itu membuat dirinya telah telat mencari tim baru.

Alhasil, pilihan menjadi pembalap pengembang pun menjadi satu-satunya solusi terbaik yang bisa diambil The Little Dragon –julukan Dovizioso– untuk dapat terus bertahan di ajang balapan MotoGP.

Baca Juga: Mick Doohan Sarankan Dovizioso Pensiun atau Pindah ke Superbike

Andrea Dovizioso

Doohan pun masih tak terima jika melihat pembalap sehebat Dovizioso hanya sekadar menjadi pembalap tes saja. Namun, menurutnya tim yang nanti akan menerima jasa Dovizioso sebagai test rider sangatlah beruntung.

Sebab bagi Doohan, Dovizioso bisa menjadi pembalap tes yang sangat hebat. Hal tersebut tak terlepas dari kemampuan hebatnya ketika balapan. Menurut Doohan, pembalap yang hebat jelas mampu menjadi test rider yang baik.

Doohan menyebut buktinya sudah ada di Dani Pedrosa. Pedrosa yang tampil mengagumkan bersama Repsol Honda berhasil menjadi test rider yang handal di KTM.

Berkat kehebatan Pedrosa dalam menemukan pengaturan motor terbaik, kini KTM jadi memiliki kuda besi yang sangat. Berkat Pedrosa, KTM akhirnya bisa rebut kemenangan perdananya di kelas MotoGP pada musim ini, yang mana diberikan oleh Brad Binder di MotoGP Republik Ceko 2020.

Doohan pun lantas melihat Dovizioso bisa menjadi seperti Pedrosa jika jadi pembalap pengembang. Ia percaya Dovizioso bisa sukses menjadi test rider, walau sebenarnya lebih senang melihat pembalap asal Italia itu balapan.

Andrea Dovizioso

“Di musim MotoGP saat ini, diperlukan pembalap penguji yang cepat dan berpengalaman. Di zaman saya, pembalap penguji biasanya beberapa detik lebih lambat (dari pembalap utama)," terang Doohan, mengutip dari Tuttomotoriweb, Selasa (3/11/2020).

“Kami telah melihat bahwa Pedrosa telah membuat kemajuan untuk KTM. Dengan Pedrosa mereka telah menemukan seseorang yang dapat membawa proyek ke arah yang benar. Saya merasa dengan Dovizioso bisa jadi serupa. Seseorang seperti Dovizioso bisa menjadi tambahan untuk sebuah timm” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini