Pernah Senasib, Doohan Paham Alasan Marc Marquez Buru-Buru Comeback

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 38 2303113 pernah-senasib-doohan-paham-alasan-marc-marquez-buru-buru-comeback-wXSgzdLJaA.jpg Marc Marquez dinilai terlalu cepat comeback (Foto: MotoGP)

GOLDCOAST – Mantan juara dunia MotoGP, Mick Doohan, mengaku sangat paham dengan aksi Marc Marquez untuk kembali membalap setelah operasi. Sebab, dirinya pernah melakukan tindakan serupa pada Kejuaraan Dunia MotoGP (500cc) 1999.

Sebagaimana diberitakan, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus pada tangan kanannya saat mengikuti balapan MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli lalu. The Baby Alien langsung menjalani operasi bedah pada Selasa 21 Juli 2020 dan kembali ke lintasan balap dua hari setelahnya.

Kenekatan Marc Marquez untuk mengikuti pekan balapan MotoGP Andalusia 2020 itu berakibat fatal. Sebuah pelat yang ditanam pada lengannya patah dan harus menjalani operasi kedua pada 3 Agustus 2020. Sejak itu, juara dunia MotoGP 2019 tersebut bagaikan menghilang ditelan bumi.

Baca juga: Absennya Marc Marquez Bikin Honda Sadar Akan Hal Penting

Marc Marquez terus memulihkan diri (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

Menariknya, apa yang terjadi dengan Marc Marquez itu pernah dirasakan sendiri oleh Mick Doohan. Ia sempat memaksakan tampil pada sesi kualifikasi GP Spanyol yang berlangsung dalam keadaan basah. Alhasil, kakinya patah dan harus pensiun tidak lama kemudian.

“Cederanya Marc Marquez tidak terlalu parah, tetapi dia belum cukup kuat untuk kembali. Pada 1999, saya terlalu memaksa untuk kembali sehingga mematahkan semua sekrup yang ditanam untuk menstabilkan pelat di kaki,” ucap Mick Doohan, sebagaimana dimuat AS, Selasa (3/11/2020).

“Itulah balapan, selalu berpikir tentang ajang berikutnya dan berusaha mencapai target selanjutnya. Secara mental, Marc akan tetap sama. Dia hanya perlu melupakan cedera itu,” imbuh pria berusia 55 tahun tersebut.

Kini, kapan kembalinya Marc Marquez menjadi pertanyaan tersendiri. MotoGP 2020 hanya tinggal menyisakan tiga balapan lagi. Dua seri akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 8 dan 15 November 2020.

Pada Agustus lalu, Repsol Honda merilis pernyataan yang menyebutkan perkiraan kembalinya Marc Marquez. Pembalap berusia 27 tahun itu diprediksi menepi selama 2-3 bulan terhitung sejak operasi bedah kedua.

Itu berarti, Marc Marquez sudah melewati perkiraan yang disebutkan timnya. Jika dihitung maksimal tiga bulan dari operasi, maka juara dunia MotoGP enam kali itu seharusnya sudah pulih benar pada 3 November 2020.

Di tengah ketidakpastian itu, Stefan Bradl justru mengklaim dirinya sudah ditugaskan sebagai pengganti hingga balapan terakhir di Portugal (22 November 2020). Tak ayal, comeback Marc Marquez masih menjadi misteri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini