Gara-Gara F1, MotoGP Portugal 2020 Terancam Batal Digelar

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 38 2302223 gara-gara-f1-motogp-portugal-2020-terancam-batal-digelar-aOnYqgUj7I.jpg Sirkuit Portimao, Portugal. (Foto: Grand Prix 247)

PORTIMAO – Kabar kurang sedap terdengar jelang berakhirnya balapan MotoGP 2020. Kabar tersebut terkait adanya peluang dibatalkannya balapan MotoGP Portugal yang akan berlangsung pada 22 November 2020 nanti.

Seri Portugal yang awalnya direncanakan untuk menjadi balapan penutup MotoGP 2020 kini memang terancam batal digelar. Semua itu karena adanya peningkatan kasus virus corona yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir di negara tersebut.

Bahkan pada balapan Formula One (F1) GP Portugal 2020 yang dihelat pada Minggu 25 Oktober 2020 kemarin di Sirkuit Portimao, sebanyak 14 orang dinyatakan positif terpapar virus corona. Ke-14 kasus itu datang dari kru beberapa tim yang berkompetisi di F1 2020.

Balapan F1 GP Portugal 2020

Jadi, demi meminimalisir risiko, maka ada peluang balapan MotoGP Portugal 2020 yang dihelat di Sirkuit Portimao akan dihentikan. Seperti apa yang dikatakan Sekretatis Kesehatan Portugal, Diogo Serras Lopez, sampai saat ini pihaknya masih terus melihat situasi yang ada.

Akan tetapi, Diogo Serras tak menutup kemungkinan akan dibatalkanya balapan MotoGP Portugal 2020. Sebab menurutnya, evolusi pandemic virus Covid-19 harus ditangani sebaik mungkin agar tidak melonjak seperti pada kejadian pertama awal tahun 2020 kemarin.

Segala hal tentu akan dilakukan Portugal untuk mencegah kasus positif virus corona berkembang pesat. Salah satunya tentu dengan menghentikan segala kegiatan yang diharuskan ada banyak orang di satu tempat, seperti balapan MotoGP.

“Evolusi pandemi berarti bahwa semua tindakan, semua peristiwa, dan segala sesuatu yang akan terjadi di masa depan terus dinilai, dan keputusan terbaik akan dibuat berdasarkan evolusi pandemi dan apa yang terjadi selama beberapa hari mendatang," jelas Diogo Serras, mengutip dari GPOne, Minggu (1/11/2020).

Tentunya jika kabar itu benar-benar akan terjadi, maka akan sangat disayangkan. Sebab untuk pertama kalinya balapan MotoGP akan kembali dapat digelar di Sirkuit Portimao setelah terakhir kali trek tersebut menjadi tuan rumah MotoGP pada 2012 silam.

Aksi Alex Marquez saat jajal Sirkuit Portimao

Dengan pembatalan itu, maka lagi-lagi Sirkuit Portimao gagal menjadi tuan rumah balapan MotoGP. Hilangnya GP Portugal juga memberikan dampak kepada jalannya kompetisi MotoGP 2020.

Sebab kini para pembalap sedang berusaha mengincar posisi pertama di klasemen lantaran ada banyak rider yang masih berpeluang untuk memenangkan kompetisi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini