Vinales Berharap Yamaha Sediakan Motor Baru untuk Empat Pembalap

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 38 2301259 vinales-berharap-yamaha-sediakan-motor-baru-untuk-empat-pembalap-RN2R2s97pT.jpg Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Foto: Laman MotoGP)

LESMO – Untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Yamaha telah merencanakan memberikan motor dengan spesifikasi terbaru hanya kepada tiga pembalap. Hal ini nyatanya tidak terlalu disukai oleh rider Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Pada awalnya, motor dengan spesifikasi terbaru hanya diberikan kepada para pembalap tim pabrikan. Sedangkan pembalap tim sateltit menggunakan motor dengan spesifikasi dari tahun sebelumnya.

Kendati demikian, seiring berjalannya tahun, para pembalap di tim satelit mulai diberi kepercayaan juga untuk menggunakan motor dengan spesifikasi terbaru. Bahkan, Honda, KTM, dan Ducati, akan menyediakan motor dengan spesifikasi terbaru untuk empat pembalap mereka musim depan.

Baca juga: Pasrah soal Gelar Juara, Vinales: Saya Tak Punya Senjata untuk Lawan Suzuki!

Maverick Vinales di posisi terdepan

Sementara itu di Yamaha, hanya Vinales, Fabio Quartararo, dan Valentino Rossi saja yang akan mendapatkan motor baru. Franco Morbidelli akan kembali menggunakan motor model lama, yang mana ini sedikit disesali oleh Vinales.

Menurut Vinales, jika seluruh pembalap Yamaha menggunakan motor model terbaru, maka itu akan semakin mempercepat pengembangan. Dengan begitu, tim juga lebih mudah mengetahui kekurangan dan kelemahan dari motor yang digunakan.

“Saya lebih suka jika kita semua mengendarai model yang sama. Maka kita semua akan memiliki kesempatan yang sama dan akan lebih memahami mengapa satu atau beberapa sepeda motor bekerja lebih baik,” jelas Vinales, seperti dilansir dari Speedweek, Kamis (29/10/2020).

“Kerugiannya adalah kami hanya akan memiliki tiga sepeda motor pabrikan pada musim 2021. Jika kami memiliki empat sepeda motor, kami mungkin bisa meningkatkan lebih cepat," lanjut pembalap berjuluk The Top Gun itu.

“Saya tidak tahu tentang situasi di Yamaha, tapi menurut saya itu tidak merugikan kami. Akan lebih bagus jika kami memiliki empat motor pabrikan. Tetapi menemukan jawaban itu sulit. Franco mendapatkan hasil yang bagus dengan model lama,” ujarnya.

Franco Morbidelli

Pada seri balapan terakhir, MotoGP Teruel 2020, Morbidelli adalah satu-satunya pembalap Yamaha yang meraih hasil bagus. Ia bahkan keluar sebagai pemenang. Padahal, Morbidelli menggunakan motor model lama. Hal inilah yang membuat Vinales penasaran.

“Tidak mudah untuk memahami mengapa terkadang dia lebih baik di trek dan kemudian pada balapan lainnya ia tertinggal di belakang orang lain. Itulah mengapa akan lebih baik jika kita memiliki empat mesin yang sama," tutur Vinales.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini