MotoGP 2020 Sisakan 3 Seri Lagi, Aprilia Putuskan Ganti Smith dengan Lorenzo Savadori

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 38 2300807 motogp-2020-sisakan-3-seri-lagi-aprilia-putuskan-ganti-smith-dengan-lorenzo-savadori-MgoK8aqIDc.jpg Lorenzo Savadori. (Foto: Twitter/@motogp)

NOALE – Keputusan mengejutkan diumumkan oleh Aprilia Gresini jelang berakhirnya MotoGP 2020. Mereka memutuskan mengganti peran pembalapnya, yakni Bradley Smith, dengan Lorenzo Savadori.

Sebagaimana dikutip dari Crash, Rabu (28/10/2020), Savadori mengambil alih posisi Smith untuk tiga seri tersisa di MotoGP 2020. Smith yang merupakan test rider atau pembalap penguji Aprilia sendiri diketahui dipanggil ke tim balapan pada tahun ini menyusul larangan membalap Andrea Iannone akibat kasus doping.

Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro

Smith pun sudah tampil di total 11 seri MotoGP 2020. Ia pun total telah meraih 12 poin sejauh ini sehingga tengah menempati urutan ke-21 di klasemen sementara MotoGP 2020.

BACA JUGA: Honda Akui Adanya Peluang Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga

Performa Smith memang tak bisa dibilang baik di MotoGP 2020. Pencapaian terbaiknya selama tampil di 11 seri musim ini hanyalah finis di urutan ke-12 yang terjadi di MotoGP Andalusia 2020.

Dengan kondisi ini, Aprilia pun memutuskan untuk melakukan pergantian di tiga seri tersisa MotoGP 2020. Savadori pun akan mulai menjalani balapan di MotoGP 2020 mulai seri ke-12. Seri bertajuk MotoGP Eropa 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 8 November.

Setelah itu, pembalap berusia 27 tahun itu akan mentas kembali di Sirkuit Ricardo Tormo dengan tajuk MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung pada 15 November. Seri terakhir akan digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 22 November 2020.

"Pertama dan terpenting, saya ingin berterima kasih kepada Bradley (Smith) atas usahanya musim ini. Dia mengambil peran tak terduga sebagai pembalap pabrikan dengan martabat dan kinerja luar biasa, dan kontribusinya sangat berharga,” ujar CEO Tim Aprilia Gresini, Massimo Rivaola.

“Sekarang, kami dengan bersemangat menunggu debut Lorenzo (Savadori). Promosi ini tentunya merupakan hadiah atas musim hebatnya sebagai pebalap CIV, mendominasi kategori Superbike. Tapi, ini juga merupakan langkah pertumbuhan bagi pembalap yang akan menjadi penguji RS-GP kami pada 2021 juga,” lanjutnya.

"Mengendarai proyek pemula kami dalam balapan juga pasti akan menjadi langkah maju bagi Lorenzo dan juga untuk semua pihak di Aprilia Racing,” tutur Rivola.

Aprilia memang masih harus mencari pengganti pembalap untuk Iannone lantaran kasus dopingnya belum juga tuntas. Ia sejatinya sudah menjalani sidang lanjutan atas banding yang diajukan ke Badan Arbitrase Olahraga (CAS), tetapi status hukumannya belum juga diumumkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini