Mike Leitner: Seharusnya Pol Espargaro Bisa Podium Juga di Aragon

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 00:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 38 2297514 mike-leitner-seharusnya-pol-espargaro-bisa-podium-juga-di-aragon-OZ2Z3Y1T4a.jpg Pembalap KTM Red Bull, Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

ARAGON - Tim Red Bull KTM bisa dikatakan terpuruk di seri ke-10 yang berlangsung akhir pekan kemarin. Pembalap mereka tidak ada yang mampu menembus posisi sepuluh besar pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Aragon, Minggu 18 Oktober 2020.

Empat pembalap KTM yang terdiri dari dua pembalap pabrikan dan dua pembalap satelit bahkan gagal menembus peringkat 10 besar. Brad Binder dan Pol Espargaro dari tim pabrikan hanya menempati posisi 11 dan 12. Sementara Iker Leucona dan Miguel Oliveira tertinggal di peringkat 14 dan 16.

Manajer Red Bull KTM, Mike Leitner, pun mengaku sama sekali tidak puas dengan hasil yang diraih para pembalapnya pada balapan tersebut. Terlebih Leitner melihat dua pembalap yang berada di podium mengawali balapan dari posisi yang kurang menguntungkan juga.

Alex Rins dan Alex Marquez yang finis di posisi satu dan dua mengawali balapan dari peringkat 10 dan 11. Sementara Pol Espargaro sendiri starti dari posisi ke-12. Situasi ini yang membuat Leitner mempertanyakan kenapa pembalapnya tidak ada yang bisa bersaing untuk podium bahkan hanya untuk masuk ke posisi 10 besar.

Baca juga: Naik Podium di Aragon, KTM Akui Ketangguhan Alex Marquez dan Rins

Pol Espargaró memulai dari posisi ke-12 dan melewati garis finis di posisi kedua belas. Alex Rins dan Alex Márquez berlomba dari posisi awal 10 dan 11 ke posisi 1 dan 2. Jadi seharusnya kami bisa berada di sana (podium) juga," ujar Mike Leitner seperti dilansir dari laman Speedweek, Kamis (22/10/2020)

"Anda melihat itu juga. Dua atau tiga putaran pertama sangat penting. Seandainya Brad Binder atau Pol Espargaro berada di grup dengan Dovi, mereka akan membalap bersamanya sepanjang balapan, waktu putaran kami akan memungkinkan itu," sambung Leitner.

"Tapi start dari baris keempat tidak cemerlang untuk Pol, dia terjebak sekali dan kehilangan dua tempat. Kemudian Anda berada dalam kemacetan lalu lintas ini. Dan kami tidak memiliki motor yang dapat kami gunakan untuk melewati lawan dan membuat mendapat tempat yang lebih baik," sambungnya.

Namun di sisi lain, Mike Leitner mengatakan, suhu lintasan cukup berpengaruh pada performa pembalapnya pada balapan akhir pekan kemarin. Sebab, saat suhu mendekati normal, para pembalap KTM tampil cukup kompetitif seperti yang mereka tunjukkan di sesi latihan bebas.

"Suhu permukaan 20 derajat terlalu rendah untuk sepeda kami. Pol Espargaro selalu menempati urutan ke-7 dan ke-8 dalam tiga sesi latihan bebas, bahkan di FP4 ia menempati urutan keempat. Dia finis di urutan ke-10 dalam pemanasan. Apakah Anda tidak terkejut dengan performa balapan yang buruk?" tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini