Dovizioso Kecewa Cuma Finis Keempat di MotoGP Prancis 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 38 2292588 dovizioso-kecewa-cuma-finis-keempat-di-motogp-prancis-2020-EIreZZqp6r.jpg Andrea Dovizioso (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, kecewa dengan hasil MotoGP Prancis 2020. Desmo Dovi –julukan Dovizioso– hanya finis keempat dalam balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu 11 Oktober 2020, sore WIB tersebut.

Dovizioso berharap meraih podium atau bahkan kemenangan. Akan tetapi, pemilihan ban yang kurang tepat, membuat Dovizioso tidak bisa kompetitif dari awal sampai akhir balapan.

Andrea Dovizioso (Foto: Laman resmi MotoGP)

Dovizioso sempat tampil apik dengan berada di jajaran pembalap terdepan pada awal balapan. Pembalap berpaspor Italia itu membuntuti rekan setimnya, Danio Petrucci, yang berada di posisi pertama.

Dovizioso mengekor di belakang Petrucci hampir sepanjang balapan. Akan tetapi, Desmo Dovi tidak mampu mempertahankan kecepatannya karena ban depan dan belakangnya kehilangan cengkeraman.

BACA JUGA: Lewat Statistik, Ini Calon Kuat Juara MotoGP 2020

Dovizioso membalap dengan ban lunak di bagian depan dan belakang motornya. Ban lunak dipilih karena balapan awalnya berlangsung dalam keadaan basah setelah Sirkuit Le Mans diguyur hujan.

Namun, cuaca perlahan-lahan cerah sehingga lintasan yang basah pun mengering. Karena ban lunak Dovizioso kehilangan cengkeraman, posisinya pun melorot ke tempat keempat. Dovizioso mungkin bisa mengalahkan Petrucci yang memenangkan balapan, jika lintasan tetap basah hingga akhir.

"Saya sedikit kecewa, karena saya pikir bisa mendapatkan hasil lebih baik. Danilo (Petrucci) sangat cepat dan dia mengemudi dengan sangat baik. Saya bisa bertahan bersamanya hampir sepanjang balapan, tapi pada akhirnya kami mungkin membayar pilihan ban yang salah,” ujar Dovizioso, menyadur dari Tutto Motori Web, Selasa (13/10/2020).

“Saya menggunakan ban lunak di bagian depan dan belakang dan dalam beberapa lap terakhir saya tidak bisa lagi berbelok dengan baik. Dalam kondisi seperti ini selalu sulit untuk membuat pilihan yang benar, karena Anda tidak pernah tahu apakah lintasan akan tetap basah sepenuhnya atau akan mulai mengering,” tuturnya.

BACA JUGA: Hasil MotoGP Prancis 2020 Bikin Dovizioso Kembali Berambisi dengan Gelar Juara

Kendati demikian, posisi keempat patut disyukuri Dovizioso. Sebab, hasil itu menghidupkan kembali asa pembalap asal Italia itu untuk menjuarai MotoGP 2020.

Dovizioso kini menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 97 poin. Desmo Dovi hanya berselisiih 18 poin dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di posisi pertama. Peluang Dovizioso meraih gelar juara MotoGP pertamanya masih terbuka lebar karena ada lima balapan tersisa sampai musim ini berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini