5 Pecundang di MotoGP Prancis 2020, Ada Valentino Rossi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 38 2292198 5-pecundang-di-motogp-prancis-2020-ada-valentino-rossi-umWfcOGTA5.jpg Valentino Rossi. (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Balapan MotoGP Prancis 2020 yang digelar di Sirkuit Le Mans telah berakhir pada Minggu 11 Oktober 2020. Rider Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci pun sukses menjadi pemenang usai tampil mengagumkan di lintasan yang basah sehabis diguyur hujan.

Selain Petrucci, Alex Marquez (Repsol Honda) dan Pol Espargaro (KTM Red Bull) juga berhasil mencuri perhatian karena finis di posisi podium. Alex tepatnya finis di urutan kedua, dan Pol berhasil menyentuh garis finis di posisi ketiga.

Selain Petrucci, Alex, dan Pol yang bisa dikatakan tampil sangat baik, ada beberapa pembalap yang justru tampil sangat buruk. Okezone mencatat setidaknyada lima pembalap pecundang di GP Prancis karena gagal tampil baik di Sirkuit Le Mans tersebut.

Berikut Lima Pecundang di MotoGP Prancis, Mengutip dari Crash:

5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Joan Mir

Mir memang berhasil menyentuh garis finis saat tampil di MotoGP Prancis 2020. Namun, posisi finisnya sangatlah mengecewakan. Tepatnya rider asal Spanyol itu hanya bisa menjadi pembalap ke-11 yang menyentuh garis finis di MotoGP Prancis 2020 tersebut.

Padahal Mir diprediksi dapat tampil baik usai memperlihatkan performa yang menjanjikan dalam beberapa seri terakhirnya di MotoGP 2020. Banyak yang berharap kepada rider Suzuki tersebut, namun pada kenyataannya Mir gagal bersinar dan hanya bisa finis di urutan ke-11.

4. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

Alex Rins

Sama seperti Mir, Rins juga gagal mengeluarkan performa terbaik mereka di MotoGP Prancis 2020. Bahkan pencapaian Rins jauh lebih buruk ketimbang Mir yang finis di urutan ke-11. Rins tepatnya hanya bisa mencapai posisi ke-16 saat tampil di Sirkuit Le Mans tersebut.

Kondisi lintasan yang sangat basah membuat Rins tak bisa berbuat apa-apa. Alhasil, ia pun hanya bisa berada di urutan ke-16 dan menjadi satu-satunya pembalap yang tak mendapatkan poin meskipun finis di race tersebut.

3. Cal Crutchlow (LCR Honda)

Cal Crutchlow

Crutchlow kembali gagal memperlihatkan penampilan yang apik. Padahal rider asal Inggris itu sudah memulai MotoGP Prancis 2020 dengan sangat baik, di mana pada akhirnya ia bisa juga memulai balapan dari barisan kedua.

Sebelum-sebelumnya Crutchlow tak bisa meraih hasil tersebut dikarenakan cedera yang menimpanya di musim ini. Namun, nyatanya ia sudah kembali dan banyak pihak berharap besar kepadanya.

Apalagi balapan GP Prancis berlangsung basah dan Crutchlow yang berasal dari Inggris dikenal sebagai pembalap yang handal melintas di sirkuit yang sehabis diguyur hujan. Namun, kondisi itu nyatanya gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Cruthlow karena ia terjatuh saat balapan memasuki lap ke-17.

2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)

Maverick Vinales

Vinales gagal memanfaatkan memulai balapan dari barisan keduanya dengan baik saat mentas di MotoGP Prancis 2020. Padahal secara motor dan pengalaman, Vinales seharunya dapat meraih hasil yang lebih baik.

Akan tetapi, Vinales justru bermain sangat buruk. Ia dapat dilewati oleh berbagai pembalap hingga akhirnya hanya dapat mencapai finis sebagai pembalap urutan ke-10. Hasil itu tentu sangat memalukan untuk Vinales setelah pada seri sebelumnya (GP Catalunya) ia pun juga gagal meraih hasil baik, yakni finis di urutan kesembilan.

1. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha)

Valentino Rossi

Sebagai pembalap yang paling senior di MotoGP 2020, Valentino Rossi jelas memiliki segudang pengalaman. Ia seharusnya sangat mudah menghadapi balapan GP Prancis yang berada di kondisi yang kurang baik, yakni basah karena diguyur hujan.

Kendati begitu, Rossi justru gagal memanfaatkan pengalamannya itu dengan baik. Malahan Rossi bisa dikatakan tampil sangat buruk karena mengalami kecelakaan sesaat balapan baru dimulai.

Rossi tepatnya terpeleset di tikungan ketiga ketika balapan belum ada satu putaran. Ia kehilanga kontrol terhadap bagian belakang motornya hingga terjatuh di tengah kerumunan pembalap lain. Beruntung kecelakaan tunggal Rossi itu tak menyeret rider lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini