Rossi Ungkap Penyebab Gagal Finis di MotoGP Catalunya 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 28 September 2020 04:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 38 2284640 rossi-ungkap-penyebab-gagal-finis-di-motogp-catalunya-2020-gPwqJezew0.jpg Valentino Rossi melaju di Sirkuit Catalunya (Foto: Yamaha MotoGP)

BARCELONA – Harapan Valentino Rossi untuk menutup sebuah akhir pekan yang spesial di Barcelona, kandas begitu saja. Pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu terjatuh pada putaran 16 MotoGP Catalunya 2020, Minggu 27 September malam WIB.

Kegagalan tersebut sungguh disayangkan. Sebab, Valentino Rossi mampu memulai balapan dengan baik. Start dari posisi tiga, The Doctor konsisten berada di posisi dua dengan membuntuti Franco Morbidelli. Pergantian pimpinan balapan terjadi ketika Morbidelli melebar dan Fabio Quartararo menyalip Rossi.

Setelah itu, Valentino Rossi terus menguntit Fabio Quartararo. Sayangnya, musibah terjadi pada putaran ke-16. Pembalap berusia 41 tahun itu harus tersungkur dan gagal mengakhiri balapan. Padahal, ia bisa bertahan dari kejaran pembalap-pembalap di belakangnya.

Baca juga: Jatuh di MotoGP Catalunya, Valentino Rossi Tak Kunjung Cetak Podium Ke-200

Valentino Rossi terjatuh di tikungan dua (Foto: Twitter/@MotoGP)

Sang pembalap mengaku kehilangan bagian depan motornya ketika berusaha mengejar Fabio Quartararo. Valentino Rossi menuturkan, sisi kiri ban yang dingin karena menurunnya suhu lintasan, amat berbahaya. Hal itu terbukti ketika dirinya terjatuh pada tikungan dua yang mengarah ke kiri.

“Hari ini, saya terus memacu motor pada batasnya karena ada di belakang Fabio dan tidak mau tertinggal jauh. Saya ingin terus menempelnya,” ujar Valentino Rossi, sebagaimana dikutip dari laman resmi Yamaha MotoGP, Senin (28/9/2020).

“Tikungan ke kiri selalu berbahaya, terutama dengan suhu lintasan yang rendah, dan saya kehilangan ban depan. Ini sungguh memalukan karena saya bisa bertarung untuk kemenangan dan tentu saja podium,” imbuh pria berpaspor Italia itu.

Insiden tersebut sungguh disesalkan Valentino Rossi. Sebab, ia merasa dapat tampil kompetitif hampir sepanjang pekan balapan. Apalagi, pembalap bernomor motor 46 itu terus menunjukkan peningatkan dari satu sesi latihan ke sesi latihan lainnya.

“Pekan ini terasa berbeda karena saya selalu bisa kompetitif. Saya berkendara dengan baik di motor dan selalu mencatatkan perbaikan hasil dari satu sesi ke sesi latihan lainnya,” lanjut Valentino Rossi.

Dengan demikian, Valentino Rossi harus kembali menunda impian mencatatkan podium ke-200 di kelas premier. Padahal, kesempatan itu sudah ada di depan mata dan hanya tersisa sembilan putaran lagi di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Juara dunia MotoGP tujuh kali itu punya kesempatan untuk memperbaiki diri selama dua pekan. Sebab, balapan berikutnya, yakni seri kesembilan MotoGP 2020 baru akan dihelat 11 Oktober mendatang di Sirkuit Le Mans.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini