4 Pembalap yang Paling Sering Menang di Sirkuit Catalunya, Nomor 1 Valentino Rossi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 38 2283487 4-pembalap-yang-paling-sering-menang-di-sirkuit-catalunya-nomor-1-valentino-rossi-hrzTfQcMzk.jpg Valentino Rossi saat podium di MotoGP Catalunya 2018. (Foto: MotoGP)

BARCELONA – MotoGP 2020 adalah musim yang sangat unik. Sebab dari tujuh balapan yang sudah berlangsung, ada enam rider berbeda yang mampu menguasai podium tertinggi setiap akhir race.

Kini yang menjadi pertanyaan adalah apakah akan ada rider berbeda lagi yang bakal memenangkan balapan di MotoGP Catalunya 2020 yang akan berlangsung pada Minggu 27 September 2020 nanti? Atau justru pembalap yang sudah biasa meraih kemenangan balapan di sana yang akan kembali menjadi penguasanya?

Lantas siapa saja para pembalap yang paling sering menang di Sirkuit Catalunya, Spanyol tersebut? Okezone akan memberitahukan Anda siapa-siapa saja pembalap yang bisa dikatakan sangat menguasai lintasan sepanjang 4,655 km tersebut.

Berikut 4 Pembalap yang Paling Sering Menang di Sirkuit Catalunya:

4. Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

The Little Spaniard alias Dani Pedrosa adalah salah satu pembalap MotoGP yang sangat memguasai Sirkuit Catalunya. Hal itu dapat dibuktikan dengan keberhasilannya memenangkan balapan sebanyak tiga kali saat mentas di sirkuit tersebut,

Kendati begitu, jika membicarakan di kelas MotoGP, Pedrosa sendiri sebenarnya baru menang sekali, tepatnya di MotoGP Catalunya 2008. Dua kemenangan lagi ditorehkan Pedrosa kala ia masih tampil di kelas 125 cc dan 250 cc.

3. Marc Marquez

Marc Marquez saat di MotoGP Catalunya 2019

Semenjak Marquez terjun ke kelas MotoGP pada 2013 silam, The Baby Alien bisa dikatakan menjadi penguasa balapan MotoGP. Bagaimana tidak, sedari 2013 sampai 2019, hampir semua musimnya dapat dimenangkan oleh pembalap asal Spanyol tersebut.

Hanya musim 2015 Marquez gagal meraih gelar juara dunia karena kalah saing oleh Jorge Lorenzo. Meski menguasai MotoGP dalam beberapa tahun terakhir itu, namun nyatanya Marquez tak bisa meraih banyak kemenangan kala tampil di Sirkuit Catalunya.

Tercatat total Marquez sudah merasakan tiga kemenangan di Sirkuit Catalunya dan dua di antaranya terjadi saat ia tampil di kelas MotoGP. Satu lagi kemenangan Marquez diraih saat dirinya masih tampil di kelas 125 cc.

2. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi

Lorenzo adalah pembalap asal Spanyol yang paling banyak meraih kemenangan di Sirkuit Catalunya. Tercatat Lorenzo sudah mengoleksi enam kemenangan selama mentas di balapan kandangnya tersebut.

Lima di antaranya ditorehkan saat Lorenzo berada di kelas MotoGP. Lalu satu lagi ia ciptakan ketika Lorenzo masih mentas di kelas 250 cc.

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi

Jika ditanya siapa penguasa Sirkuit Catalunya, maka jawabannya jelas Valentino Rossi. Bagaimana tidak, rider berjuluk The Doctor itu tercatat sudah mengoleksi 10 kemenangan yang diciptakan sejak kelas 125 cc, 250 cc, 500 cc , hingga di MotoGP.

Rossi paling banyak menang di Sirkuit Catalunya ketika ia berada di kelas MotoGP, di mana sejauh ini rider asal Italia itu sudah mencatatkan enak kemenangan. Tentu menarik melihat fakta bahwa Rossi yang merupakan pembalap Italia, namun dapat menguasai sirkuit di Spanyol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini