Ban Baru Michelin Jadi Salah Satu Faktor Kebangkitan Yamaha

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 03:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 38 2283368 ban-baru-michelin-jadi-salah-satu-faktor-kebangkitan-yamaha-4sWpZ5v8wc.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Laman MotoGP)

BARCELONA – Para pembalap Yamaha kerap menuai hasil bagus di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Menurut pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, hal ini terjadi karena adanya pengaruh ban baru yang diproduksi oleh Michelin.

Sebagaimana diketahui, saat ini dua pembalap Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, secara burutan menempati posisi kedua dan ketiga di papan klasemen. Mereka hanya tertinggal satu poin dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang menjadi pemuncak.

Hasil positif yang didapat Yamaha sebenarnya sudah terjadi sejak pramusim, di mana Quartararo dan Vinales secara bergantian menguasi sesi pengujian. Menurut Rossi ban baru tersebut memiliki lebih banyak cengkeraman di tepi ban yang membuat para pembalap Yamaha semakin nyaman.

Baca juga: Belum Mau Pensiun, Valentino Rossi Bakal Bela Timnya Sendiri di MotoGP 2022

Maverick Vinales dan Fabio Quartararo

Berbeda dengan motor balap Ducati yang memiliki keunggulan di trek lurus, Yamaha menjadikan melaju di tikungan sebagai nilai lebih mereka. Maka dari itu, dengan semakin banyaknya cengkeraman di tepi ban, maka para pembalap Yamaha bisa menikung lebih cepat ketimbang sebelumnya.

“Ban baru ini membantu semua orang ketika saya melihat waktu putaran dan kecepatannya. Karena semua tim dan pembalap mengemudi lebih cepat dari tahun lalu. Ban belakang yang baru pasti membantu Yamaha karena memiliki lebih banyak cengkeraman di tepi ban,” jelas Rossi, seperti dilansir dari Speedweek, Jumat (25/9/2020).

“Kami lebih banyak mengendarai menggunakan tepi ban daripada lawan kami karena kami membutuhkan kecepatan menikung untuk dapat bersaing dengan mesin V4 yang cepat. Ini penting untuk sepeda motor kami. Sejak kami mencoba ban baru ini untuk pertama kalinya, kami telah meningkatkan kecepatan dan waktu putaran secara signifikan,” pungkas The Doctor.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini