MotoGP 2020 Seru karena Marquez Absen, Puig Tidak Setuju

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 38 2280467 motogp-2020-seru-karena-marquez-absen-puig-tidak-setuju-r9yTsuPy6C.jpg Marc Marquez (Foto: Twitter/@MarcMarquez93)

MISANO Marc Marquez yang merupakan pembalap Repsol Honda sekaligus juara bertahan MotoGP, absen hingga sekarang. The Baby Alien –julukan Marquez– tidak bisa balapan, karena cedera patah lengan kanannya belum pulih 100 persen.

Ketidakberadaan Marquez membuat banyak pihak berpikir, bahwa MotoGP 2020 lebih seru. Komentar itu pun terbukti dengan tipisnya selisih poin antara para pembalap pada klasemen sementara.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso di posisi pertama dengan koleksi 76 poin. Dovizioso dibuntuti pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di posisi kedua. Mereka hanya dipisahkan enam poin saja.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati Jack Miller dari Pramac Ducati. Pembalap asal Australia itu hanya berjarak 12 poin dari Dovizioso. Melengkapi posisi lima besar ada pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir (posisi empat, 60 poin) dan Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha (posisi lima, 58 poin).

BACA JUGA: Masih Terpuruk di MotoGP 2020, Alex Akui Kesulitan Terapkan Masukan Marquez

Jika Marquez balapan, banyak pihak menilai persaingan di MotoGP 2020 tidak akan sesengit sekarang. Akan tetapi, Manajer Tim Honda Alberto Puig punya pemikiran berbeda.

Ia menilai, selisih poin yang tipis antara para pembalap bukan karena absennya Marquez, melainkan kelalaian dalam balapan. Puig menilai banyak pembalap tampil tidak konsisten, padahal memiliki keuntungan dalam balapan.

Manajer Tim Honda itu bahkan berkelakar, dengan menyebut para pembalap lain akan lebih konsisten jika ada Marquez. Kelakar Puig sayangnya sulit terwujud pada balapan terdekat MotoGP Emilia Romagna 2020.

“Jika Marc Marquez berada di jalur yang benar, mereka (para pembalap lain) akan membuat lebih sedikit kesalahan, karena orang akan lebih fokus dan segalanya lebih seperti yang seharusnya,” ujar Puig, menyadur dari Tutto Motori Web, Sabtu (19/9/2020).

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Honda tidak hanya kehilangan Marquez di MotoGP Emilia Romagna 2020, tetapi juga Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Stefan Bradl (pembalap penguji Honda). Ketiga pembalap itu absen karena masalah kebugaran.

Bradl yang sejatinya merupakan pembalap pengganti Marquez, memutuskan absen belum lama ini. Sebab, pembalap asal Jerman itu baru menjalani operasi pada lengan kanannya.

Honda hanya memiliki dua pembalap sekarang, yakni Alex Marquez (Repsol Honda) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). Mereka akan berjuang meraih hasil terbaik, pada MotoGP Emilia Romagna 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu 20 September 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini