Vinales Harap Lanjutkan Momentum Positif dari Tes Misano ke Balapan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 38 2279048 vinales-harap-lanjutkan-momentum-positif-dari-tes-misano-ke-balapan-RtdCaGm7au.jpg Maverick Vinales melaju di Sirkuit Misano (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

MISANO – Hasil mengecewakan dituai pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, pada MotoGP San Marino 2020 akhir pekan lalu. Kali ini, pria asal Spanyol itu bertekad mengerahkan yang terbaik demi menjalani sebuah balapan yang bagus di GP Emilia Romagna 2020, Minggu 20 September malam WIB.

Balapan akhir pekan lalu di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli berakhir tidak sesuai dengan harapan bagi Maverick Vinales. Setelah mampu mencatatkan pole position pada kualifikasi, ia gagal mengulangi performa menawan itu saat lomba.

Posisi Maverick Vinales terus merosot sepanjang 27 putaran lomba hingga akhirnya hanya bisa finis keenam. Hasil itu sungguh disesali karena satu pembalap pengguna motor Yamaha, yakni Franco Morbidelli, mampu memenangi balapan.

Baca juga: Belum Bisa Maksimal, Vinales Tetap Puas dengan Hasil Pengujian di Misano

Maverick Vinales ingin mencatat hasil yang lebih baik (Foto: MotoGP)

Kekecewaan itu coba dilupakan oleh Maverick Vinales pada GP Emilia Romagna 2020 yang kembali digelar di Sirkuit Misano. Ia bertekad mengerahkan 100% kemampuan untuk bisa kembali start di depan agar meraih hasil yang lebih baik.

“Saya akan kembali mendorong hingga 100% sehingga bisa start di depan lagi, demi memastikan kami mendapatkan hasil terbaik pada balapan,” terang Maverick Vinales, sebagaimana dikutip dari laman resmi Yamaha MotoGP, Kamis (17/9/2020).

Modal positif sudah didapat pembalap berusia 25 tahun itu lewat dua tes yang dilakukan di Misano pada Selasa 15 September 2020. Ia menunjukkan sebuah tren yang bagus dari sesi pagi ke siang hari. Pada sesi pagi, catatan waktu terbaik yang dibukukannya adalah 1 menit 32,054 detik.

Maverick Vinales berhasil menajamkan catatan waktunya pada sesi siang menjadi 1 menit 31,532 detik. Torehan itu membawanya ke puncak klasemen catatan waktu pada sesi siang sekaligus kombinasi. Catatan waktu itu tidak jauh berbeda dengan yang ditorehkan pada kualifikasi pekan lalu, yakni 1 menit 31,411 detik.

Pembalap berjuluk Top Gun itu mengaku merasakan hal positif sepanjang tes. Ia mampu melaju sama cepatnya dengan menggunakan ban belakang medium dan lunak. Vinales tentu akan kembali mencoba dua pilihan ban itu pada akhir pekan ini.

“Perasaan yang saya dapat sepanjang tes sangat positif. Saya bisa melaju sama kencangnya dengan ban belakang medium mau pun lunak. Jadi, saya akan kembali mencoba opsi tersebut pada akhir pekan mendatang,” urai Maverick Vinales.

“Kami mencoba beberapa suku cadang baru di motor dan saya merasa cukup nyaman. Saya mampu mencetak waktu yang cukup baik tanpa harus mendorong hingga batas kemampuan motor. Jadi, ini sangat positif,” tutup pembalap bernomor motor 12 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini