Quartararo Masih Pusing dengan Masalah Kecepatan Motor Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 38 2279020 quartararo-masih-pusing-dengan-masalah-kecepatan-motor-yamaha-LiiobyONJe.jpg Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, masih belum bisa lepas dari masalah utamanya di MotoGP 2020, yakni akselerasi dan kecepatan tertinggi motor YZR-M1. Kedua hal itu membuat Quartararo gagal unjuk gigi dalam beberapa balapan terakhir.

Pembalap asal Prancis itu sempat tampil memukau dengan meraih kemenangan pada dua balapan perdana musim ini. Kemenangan yang diraih di Sirkuit Jerez, Spanyol itu, membuat banyak pihak menjagokan Quartararo untuk menjuarai MotoGP 2020.

Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

Peluang Quartararo juara MotoGP 2020 cukup besar karena Marc Marquez (Repsol Honda) absen panjang akibat patah lengan kanan. Akan tetapi, Quartararo gagal memenuhi ekspektasi pada balapan-balapan berikutnya.

Quartararo belum naik kembali ke atas podium setelah dua kemenangan pada awal musim ini. El Diablo –julukan Quartararo– bahkan gagal finis pada balapan terakhir, MotoGP San Marino 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu 12 September 2020.

BACA JUGA: Quartararo Rasakan Hal Positif dari Perangkat Baru Yamaha

Quartararo pun kehilangan posisi pertama klasemen sementara karena hasil buruk pada akhir pekan lalu. Posisi pertama kini ditempati pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, yang mengoleksi 76 poin. Quartararo kini tertinggal enam poin dari Dovizioso.

Jarak poin yang tidak begitu jauh dengan Dovizioso menandakan peluang Quartararo dalam kejuaraan musim ini masih ada. Quartararo hanya harus meraih hasil apik pada balapan berikutnya yang masih berlangsung di Sirkuit Misano, yakni MotoGP Emilia Romagna 2020. Balapan seri ketujuh musim 2020 itu akan berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu 20 September 2020.

Sebelum membalap pada akhir pekan ini, Quartararo menjalani pengujian resmi di Sirkuit Misano, Selasa 15 September 2020. Quartararo mencoba berbagai perangkat baru dari Yamaha, seperti knalpot, kerangka, sasis, dan swingarm baru. Selain itu, dilakukan juga perubahan pada pengaturan elektronik YZR-M1.

Semua perangkat baru dan perubahan pengaturan elektronik diharapan bisa mengatasi masalah kecepatan YZR-M1. Akan tetapi, harapan tersebut sayangnya tidak terpenuhi. Quartararo masih bermasalah dengan kecepatan YZR-M1.

Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

El Diablo bahkan hanya finis kesembilan dalam pengujian dengan catatan waktu 1 menit 32,336 detik. Hasil tersebut menandakan Quartararo masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum MotoGP Emilia Romagna 2020 dimulai.

“Sayangnya, kami belum mendapatkan akselerasi dan kecepatan tertinggi. Kami melakukan yang terbaik, mencoba mengatur situasi, tapi sejujurnya saya tidak bisa berkendara senyaman yang saya lakukan di Sirkuit Jerez, bahkan jika saya sudah terbiasa (dengan YZR-M1),” ujar Quartararo, menyadur dari Tutto Motori Web, Kamis (17/9/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini