MotoGP San Marino 2020, Panggung Anak Didik Valentino Rossi Unjuk Gigi

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 38 2277132 motogp-san-marino-2020-panggung-anak-didik-valentino-rossi-unjuk-gigi-SKrH7Zi8Fm.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – MotoGP San Marino 2020 berjalan dengan sengit sejak lap pertama. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020) dini hari WIB itu, menjadi panggung bagi para anak didik Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) jebolan Akademi VR46, yakni Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Francesco Bagnaia (Pramac Ducati).

Sesaat setelah balapan dimulai, rekan setim Rossi, Maverick Vinales, langsung kehilangan posisi pertama. Morbidelli yang memulai balapan dari posisi kedua mengambil tempat Vinales. Morbidelli melaju kencang untuk membuat jarak yang aman dari para pembalap di belakangnya. Posisi kedua ditempati Rossi yang membuntuti anak asuhnya tersebut. Sementara itu, Jack Miller (Pramac Ducati) berada di posisi ketiga.

Franco Morbidelli (Foto: Laman resmi MotoGP)

Posisi dua terdepan tidak mengalami perubahan signifikan hingga pertengahan balapan. Akan tetapi, hal sebaliknya terjadi di posisi ketiga karena Miller disalip Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Rins semakin mendekati Rossi seiring jumlah lap bertambah. Rossi pun terlibat pertarungan sengit dengan Rins untuk memperebutkan posisi kedua. Rossi melakukan rem dengan lambat pada setiap tikungan untuk menutup celah bagi Rins menyalip.

BACA JUGA: Hasil MotoGP San Marino: Morbidelli Juara, Valentino Rossi Gagal Podium

Rins kesulitan untuk menembus pertahanan The Doctor –julukan Rossi. Ketika pertarungan itu terjadi, Bagnaia perlahan-lahan mendekati Rins dan Rossi. Selain Bagnaia, rekan setim Rins, Joan Mir, juga meramaikan perburuan podium.

Beberapa lap sebelum balapan berakhir, ada empat pembalap yang memperebutkan posisi kedua dan ketiga. Morbidelli yang di posisi pertama sudah sangat jauh memimpin balapan sehingga sulit dikejar oleh Rossi, Rins, Bagnaia, dan Mir.

Setelah beberapa pertarungan sengit, Bagnaia bisa menyalip Rins dan Rossi. Nasib sial kembali menimpa Rins karena Mir mampu menyalipnya sehingga posisi keempat pun berpindah tangan.

Rossi berusaha untuk merebut posisi kedua kembali, tetapi tidak mudah melakukannnya. Bagnaia tampil apik dalam menghalau setiap serangan The Doctor. Upaya Rossi merebut posisi kedua justru berbuah petaka pada lap terakhir karena Mir menemukan celah untuk menyalip. Mir akhirnya mampu merebut posisi ketiga dari Rossi.

Francesco Bagnaia (Foto: Laman resmi MotoGP)

Balapan berakhir dengan kemenangan pertama Morbidelli di MotoGP. Posisi kedua menjadi milik Bagnaia, sedangkan Mir finis ketiga. Sementara itu, Rossi harus puas finis keempat diikuti Rins di tempat kelima.

Finis keempat cukup mengecewakan bagi Rossi, karena kehilangan kesempatan untuk mencatatkan podium ke-200 di MotoGP. Meski begitu, Rossi tetap menemukan kegembiraan di MotoGP San Marino 2020. Sebab, ia bisa melihat dua anak didiknya, yakni Morbidelli dan Bagnaia berprestasi di Sirkuit Misano.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini