Marquez: Kata Siapa Motor Honda Hanya Cocok untuk Saya Saja?

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 38 2276539 marquez-kata-siapa-motor-honda-hanya-cocok-untuk-saya-saja-oWTlnRURI3.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Marc Marquez akhirnya memberikan jawaban soal pernyataan yang mengatakan bahwa motor Tim Repsol Honda, RC213V, dirakit hanya oleh dirinya seorang. Marquez menegaskan bahwa seluruh pembalap Tim Honda sejatinya sama-sama mencoba motor agar terasa mudah dikendarai.

Sejak debut di kelas MotoGP pada 2013, Marquez memang langsung menjelma sebagai salah satu pembalap papan atas di kelas MotoGP. Bagaimana tidak, Marquez sendiri berhasil menjalani debutnya di kelas primer dengan menjadi juara dunia.

Terhitung, Marquez sendiri sejauh ini sudah mengoleksi 9 gelar juara dunia (1 Moto3, 1 Moto2, dan 6 MotoGP). Dengan usia yang cukup muda, yakni 27 tahun, banyak yang percaya bahwa Marquez masih punya kans besar jadi pembalap dengan catatan terbaik dalam sejarah MotoGP.

Marc Marquez

Meski begitu masih ada yang menaruh keraguan besar terhadap kualitas Marquez sebagai seorang pembalap profesional. Bahkan tidak sedikit yang menyebut keberhasilan Marquez tidak lepas dari ‘pelayanan’ Tim Honda kepadanya.

Ya, beberapa menyebutkan bahwa teknisi Tim Honda memang sengaja merakit motor yang dapat mempermudah Marquez meraih kemenangan demi kemenangan dalam sejumlah perlombaan. Mengenai hal tersebut, pembalap senior Tim LCR Honda, yakni Cal Crutchlow, sendiri mengakuinya.

Baca Juga: Stoner Heran Dovizioso dan Vinales Justru Melempem saat Marquez Cedera

Dalam beberapa kesempatan pembalap asal Inggris itu menyatakan bahwa teknisi Tim Honda memang sangat memprioritaskan kenyamanan Marquez seorang dalam membalap. Tuduhan itu memang bukan tanpa alasan, dan terlihat jelas di MotoGP 2020.

Pada kejuaraan dunia tahun ini, Tim Honda benar-benar kehilangan tajinya karena Marquez harus absen mengaspal lantaran mengalami cedera patah lengan kanan. Para pembalap Tim Honda yang tersisa seperti Crutchlow, Alex Marquez, dan Stefan Bradl acap kali gagal kompetitif. Terhitung hanya Takaaki Nakagami yang berhasil menunjukkan performa yang lumayan.

Akan tetapi, Marquez sendiri membantah pernyataan soal Tim Honda merakit motor dengan hanya mendengarkan masukkan darinya seorang. Marquez menegaskan bahwa setiap pembalap Tim Honda mempunyai hak untuk memberikan masukkannya kepada para kru Tim Honda.

“Orang bilang motor Honda dirakit untuk Marc. Tapi kami semua (pembalap Honda) menjajal perangkat yang sama, memberikan komentar, dan saya orang pertama yang ingin punya motor yang lebih ramah untuk semua gaya balap dan lebih mudah dikendarai. Tapi Honda adalah Honda dan begitulah mereka berkerja,” jelas Marquez, seperti disadur dari Marca, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga: Jadwal MotoGP San Marino 2020, Yamaha Bakal Kuasai Sirkuit Misano?

Selain itu, Marquez juga memberikan penilaiannya terhadap performa Nakagami bersama Tim LCR Honda di MotoGP 2020. The Baby Alien –julukan Marquez– mengaku berhasil dibuat terkesan dengan apa yang ditunjukkan Nakagami tersebut.

“Kini, Taka mampu mengeluarkan potensi motor itu, dan benar-benar mempelajari data saya. Dia memang selalu baca data saya, tapi kali ini ia berhasil. Namun, pemalap lain tetap kesulitan. Tak hanya adik saya, yang sedang belajar, melainkan juga Cal, yang padahal mengenal baik motor kami,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini