5 Pembalap Terakhir yang Menang MotoGP San Marino

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 38 2275534 5-pembalap-terakhir-yang-menang-motogp-san-marino-imrMNwFRyf.jpg Vinales, Marquez, dan Quartararo menjadi pengisi podium di MotoGP San Marino 2019. (Foto: Twitter/MotoGP)

MISANO – MotoGP San Marino 2020 sebentar lagi akan dimulai, di mana balapannya akan terjadi pada Minggu 13 September 2020 malam WIB nanti. Dalam menyambut balapan seri keenam MotoGP 2020 tersebut, para pembalap diprediksi sudah sangat siap untuk segera tampil.

Hal itu tak terlepas dari diberikannya waktu istirahat selama dua pekan sebelum MotoGP San Marino 2020. Dengan waktu liburan yang panjang itu, maka para pembalap diyakini dapat tampil maksimal saat mentas di Sirkuit Misano, Italia.

Tentu menarik siapa kira-kira pembalap yang akan menang di MotoGP San Marino 2020 nanti. Sebab sejauh ini, pemenang di balapan MotoGP 2020 sangat sulit untuk ditebak.

Akan tetapi, bila melihat sejarah di Sirkuit Misano dalam beberapa tahun terakhir, Marc Marquez (Repsol Honda) adalah yang paling sering menang di Sirkuit Misano. Namun, Marquez dipastikan absen karena masih cedera. Selain Marquez, siapa saja kira-kira pemenang di Sirkuit Misano dalam lima tahun terakhir?

Berikut Lima Pembalap Terakhir yang Menang MotoGP San Marino:

5. Marc Marquez (MotoGP 2015)

Marc Marquez di MotoGP 2015

Marquez adalah pembalap paling tersukses di Sirkuit Misano. Total ia sudah merasakan enam kali kemenangan di sirkuit tersebut di tiga kelas grand prix (GP), yakni sedari Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Salah sastu kemenangan yang diraih Marquez itu pun terjadi di MotoGP 2015. Kala itu, Marquez tampil baik hingga dapat mengalahkan Bradley Smith (Monster Yamaha Tech3) dan Scott Redding (Marc VDS).

4. Dani Pedrosa (MotoGP 2016)

Dani Pedrosa

Semusim setelah kemenangan Marquez di MotoGP San Marino 2015, Honda kembali menjadi tim yang paling tercepat memenangi balapan di Sirkuit Misano. Namun, pembalap Honda yang memenangkan balapan GP San Marino itu adalah Dani Pedrosa.

Pedrosa memperlihatkan kemampuan luar biasa di Sirkuit Misano hingga akhirnya mampu mengalahkan dua rider Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

3. Marc Marquez (MotoGP 2017)

Marc Marquez di MotoGP 2017

Masih dari Honda, MotoGP San Marino 2017 lagi-lagi dimenangkan oleh Marquez. Kali ini, Marquez memenangi duel sengit dengan dua pembalap Ducati, yakni Danilo Petrucci yang masih bersama Pramac dan Andrea Dovizioso yang berasal dari tim pabrikan Ducati.

Meski sempat mendapatkan perlawanan dari lawan-lawannya, namun pada akhirnya Marquez mampu memberikan jarak saat menyentuh garis finis. Hampir ada perbedaan 1, 192 detik di antara Marquez dan Petrucci.

2. Andrea Dovizioso (MotoGP 2018)

Andrea  MotoGP 2018

Setelah hampir tiga tahun Sirkuit Misano selalu dikuasai oleh pembalap Honda, akhirnya di MotoGP 2018 ada pemenang baru yang berhasil menguasai trek tersebut. Pembalap itu adalah Andrea Dovizioso.

Rider Ducati tersebut berhasil tampil luar biasa untuk dapat memenangkan podium peringkat pertama perdananya di Sirkuit Misano. Dovizioso bahkan mampu unggul cukup jauh dari Marquez yang akhirnya menjadi runner-up di balapan MotoGP San Marino 2018 tersebut.

1. Marc Marquez (MotoGP 2019)

Marquez dan Quartararo

Kehebatan Dovizioso ternyata hanya berlangsung satu musim saja di Sirkuit Misano. Sebab semusim setelah menang di 2018, Dovizioso justru tampil buruk ketika melakoni MotoGP San Marino 2019.

Dovizioso bahkan hanya mampu finis di peringkat keenam. Semua itu dikarenakan para pembalap Yamaha tampil luar biasa di MotoGP San Marino 2020, di mana ada empat rider mereka yang finis di posisi lima besar.

Para pembalap Yamaha itu pun masih kalah dari Marquez yang sukses menjadi pemenang di MotoGP San Marino 2019. Jadi, selama lima tahun terakhir balapan di Sirkuit Misano, Marquez tercatat sudah mengoleksi tiga kemenangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini