Dovizioso Puji Perkembangan Pesat KTM di MotoGP 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 38 2271474 dovizioso-puji-perkembangan-pesat-ktm-di-motogp-2020-o7IZvXTlIh.jpg Brad Binder (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – KTM Red Bull dan tim satelitnya, Red Bull KTM Tech3, mencuri perhatian di MotoGP 2020. Kedua tim itu masing-masing telah meraih satu kemenangan pada musim ini. Brad Binder memberikan kemenangan untuk KTM sedangkan Miguel Oliveira mempersembahkan posisi pertama pada Tech3.

Kemenangan-kemenangan itu menunjukkan bahwa KTM telah melakukan terobosan besar dari sisi teknis karena kini motor RC16 punya kualitas untuk bersaing memperebutkan kemenangan. Perkembangan pesat KTM pun membuat Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) kagum.

Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

Dovizioso menyatakan tidak ada orang yang menyangka bahwa KTM bisa tampil sangat apik di MotoGP 2020. Ia pun secara terbuka memuji kinerja KTM dalam mengembangkan RC16 untuk menjadi kompetitif seperti sekarang.

Namun, Dovizioso menilai performa apik para pembalap KTM serta Tech3 terbantu dengan ban baru Michelin. Desmo Dovi –julukan Dovizioso– menyebut RC16 menjadi lebih kencang dengan ban Michelin tetapi itu tidak terjadi untuk motor para pembalap yang dalam tiga musim terakhir berada di depan.

BACA JUGA: Dovizioso Tidak Kaget Lihat Performa Apik Para Pembalap Tim Satelit pada Musim Ini

“Tidak ada yang menyangka (KTM). Terobosan ini cukup tidak terduga untuk semua orang,” kata Dovizioso, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (2/9/2020).

“Mereka melakukan pekerjaan dengan baik, meski ban ini mengubah keseimbangan dalam arti tertentu. Sebab, mereka yang berada di depan dalam dua atau tiga tahun terakhir tidak lagi demikian,” tuturnya.

Dovizioso adalah salah satu pembalap yang kurang nyaman menggunakan ban Michelin. Dovizioso bahkan secara terbuka mengkritik performa ban Michelin setelah menyelesaikan MotoGP Styria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Pembalap berpaspor Italia itu hanya mampu menyegel posisi kelima di MotoGP Styria 2020. Hasil itu sangatlah buruk untuk Dovizioso yang memenangkan MotoGP Austria 2020 yang juga berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring.

Andrea Dovizioso (Foto: MotoGP)

Dovizioso tampil di sirkuit yang sama tetapi tidak tampil sebagus ketika memenangkan MotoGP Austria 2020. Oleh sebab itu, Dovizioso kurang suka dengan ban Michelin.

Ketidaknyamanan Dovizioso saat menggunakan ban Michelin harus segera ditemukan solusinya. Sebab, balapan berikutnya, MotoGP San Marino 2020, tidak lama lagi akan digelar. Balapan keenam musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, Minggu 13 September 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini