Menangi MotoGP Styria 2020, Oliveira Akui Insiden Vinales Membantunya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 38 2266218 menangi-motogp-styria-2020-oliveira-akui-insiden-vinales-membantunya-cf1Eq8RhEU.jpg Pembalap KTM Tech3, Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, mencatatkan diri sebagai yang tercepat kala melakoni balapan MotoGP Styria 2020. Menanggapi kemenangan ini, Oliveira tak memungkiri bahwa dirinya cukup beruntung.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, tersebut, kecelakaan pasalnya sempat terjadi pada lap ke-17. Adalah pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, yang mengalami kecelakaan tunggal karena sepeda motornya tak bisa dikendalikan.

Akibat insiden tersebut, balapan pun dihentikan sementara waktu. Pasalnya, stewards hendak membersihkan bagian lintasan yang menjadi lokasi kecelakaan Vinales tersebut. Karena dikhawatirkan oli yang tercecer di lintasan menyebabkan kecelakaan lainnya.

Baca juga: The Baby Alien Gagal Bikin Keajaiban, Rossi: Marquez Adalah Manusia

Maverick Vinales

Sebelum insiden itu terjadi, Oliveira sempat tercecer di luar posisi lima besar. Akan tetapi, setelah restart, pembalap berpaspor Portugal itu pun mampu melaju cepat untuk menyaingi para pembalap di jajaran depan.

Diakui oleh Oliveira bahwa ia seperti mendapat kesempatan kedua. Sebab, saat stewards membersihkan lintasan, Oliveira meminta timnya untuk menggantik ban depan sepeda motor miliknya yang sudah mulai haus.

Keberuntungan Oliveira pun semakin bertambah karena di tikungan terakhir pada lap pamungkas, Jack Miller (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (KTM Red Bull) sibuk bersaing memperebutkan posisi pertama.

Memanfaatkan hal itu, Oliveira pun langsung melaju mengambil tempat terdepan saat motor balap Miller dan Espargaro melebar di tikungan terakhir. Kemenangan ini menjadi yang pertama didapat Oliveira di kelas premier.

“Saya senang, bangga. Banyak sekali alasan untuk merasa senang pada hari ini, karena menang di kandang KTM dan Red Bull. Jadi ini sangat spesial. Ini (kemenangan) pertama untuk saya,” ujar Oliveira pada sesi konferensi pers, Minggu (23/8/2020).

“Untuk sepanjang akhir pekan ini, kami sudah melakukan pekerjaan yang bagus. Dan saya beruntung karena memiliki kesempatan kedua dalam balapan. Sebab, itu membuat saya bisa mengganti ban depan. Dan saya merasa jauh lebih kompetitif di balapan kedua,” lanjutnya.

“Saya benar-benar senang. Kaki saya tetap berpijak di tanah, namun pikiran saya sedikit beterbangan. Ini bukan hanya kebahagiaan untuk saya, namun juga keluarga saya, teman-teman, dan semua orang,” tandas Oliveira.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini