Marquez Sadar Catatannya di MotoGP 2019 Lalu Sulit Terulang

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 38 2264822 marquez-sadar-catatannya-di-motogp-2019-lalu-sulit-terulang-bUllZlMFiB.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampil luar biasa dalam Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Bagaimana tidak, pasalnya Marquez mampu menyabet 12 kemenangan dan enam kali runner-up dari 19 seri balapan yang dilangsungkan.

Secara keseluruhan, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mengoleksi 420 poin dan menjadi juara dunia. Tidak hanya itu, Marquez juga melewati sejumlah rekor. Ia kini menjadi pembalap ketiga yang paling sering memenangkan balapan di kelas premier dengan 56 kali. Ia hanya kalah dari Giacomo Agostini (68) dan Valentino Rossi (89).

Sadar dengan capaian fantastisnya tersebut, Marquez menerangkan bahwa akan sulit untuk bisa memiliki catatan yang lebih baik lagi. Pasalnya, untuk bisa meraih lebih dari 12 kemenangan dan enam kali runner-up dalam semusim butuh lebih dari sekadar kemampuan dan keberuntungan.

Baca juga: Pernat Beri Saran kepada Honda dalam Rekrut Pembalap di MotoGP

Marc Marquez

"Akan sulit untuk lebih meningkat di musim mendatang. Anda selalu berusaha meningkatkan. Saya sering melihat pahlawan saya, idola saya, dan sepertinya mereka selalu berada di depan dan diri mereka sendiri meningkat tahun demi tahun," tutur Marquez, menyadur dari Motorsport Total, Kamis (20/8/2020).

“Jika Anda menaikkan level Anda, level kita tidak akan cukup. Tujuannya adalah berjuang untuk meraih gelar juara lagi. Ini akan sulit untuk ditingkatkan pada tahun ini, tetapi kami akan mencoba mengulanginya,” tukas Marquez.

Marquez sebenarnya memiliki ambisi besar untuk mempertahankan gelar juara dunianya di MotoGP 2020. Akan tetapi, The Baby Alien justru mengalami cedera yang membuatnya hingga saat ini tak bisa ikut balapan.

Sebagaimana diketahui, Marquez mengalami kecelakaan parah pada gelaran seri perdana MotoGP 2020 yang dilangsungkan Minggu 19 Juli di Sirkuit Jerez. Saat berada di lap ke-21, pembalap berjuluk The Baby Alien itu kehilangan kendali pada motornya dan terpental ke gravel.

Akibat dari insiden tersebut, Marquez tidak hanya gagal menyelesaikan balapan, namun sang juara bertahan juga mengalami patah lengan kanan. Tak ayal, Marquez pun langsung menjalani operasi.

Sejak kejadian tersebut, Marquez telah absen dalam tiga seri berikutnya. Pembalap 27 tahun itu bahkan harus kembali absen pada seri kelima yang bertajuk MotoGP Styria 2020 akhir pekan ini.

Maka dari itu, di sepanjang gelaran MotoGP 2020, Marquez belum mengumpulkan satu pun poin. Saat ini, yang menjadi pemuncak klasemen sementara adalah rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, dengan raihan 67 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini