Vinales Sempat Sulit Bernapas karena Kepanasan di Balapan MotoGP Andalusia 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 38 2252529 vinales-sempat-sulit-bernapas-karena-kepanasan-di-balapan-motogp-andalusia-2020-4pQ0TMKsVX.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. (Foto: Twitter YamahaMotoGP)

JEREZ – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengaku sempat sulit bernapas saat balapan di MotoGP Andalusia 2020 yang berlangsung pada Minggu 26 Juli 2020 malam WIB. Vinales sendiri mengaku tak tahu kenapa hal tersebut terjadi.

Vinales merasa mungkin karena faktor cuaca yang cukup terik. Jadi, disaat cuaca panas yang menyengat di Sirkuit Jerez, Spanyol, lalu ditambah dengan panas dari motor-motor para pembalap lain, membuat kondisinya benar-benar parah.

Baca Juga: Rossi Nilai Vinales Layak Finis Kedua di MotoGP Andalusia 2020

Valentino Rossi vs Maverick Vinales

Kesulitan bernapas itu lantas membuat Vinales jadi tak bisa tampil maksimal di tengah balapan. Ketika sulit napas itu terjadi, Vinales tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Alhasil, ia pun cukup lama berada di belakang rekan setimnya, Valentino Rossi, ketika balapan MotoGP Andalusia 2020 itu berlangsung.

“Saya tertahan di belakang Rossi dan saya merasa sulit untuk bernapas di kebanyakan lap. Saya benar-benar hancur. Saya tidak tahu kenapa hal itu terjadi. Mungkin karena panas yang datang dari motor-motor lain. Saya tak bisa berbuat apa-apa,” kata Vinales, melansir dari laman resmi YamahaMotoGP, Senin (27/7/2020).

Kendati begitu, Vinales mengaku kesulitan bernapas itu perlahan mulai hilang ketika balapan ingin berakhir. Ia pun dapat mengejar Rossi di lima lap terakhir dan membuat gerakan cepat di akhir lap untuk menyalip The Doctor agar bisa finis kedua di MotoGP Andalusia 2020 tersebut.

“Saya mencoba menyimpan sesuatu di lap terakhir dan saya langsung menekan di akhir lap ketika saya sudah dapat menemukan ritme balapan saya kembali,” tambah pembalap berjuluk Top Gun tersebut.

Sementara Rossi yang disalip Vinales di lap terakhir itu harus puas finis di urutan ketiga. Sedangkan yang memenangkan balapan adalah pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, yakni Fabio Quartararo.

Maverick Vinales

Terlepas dari segala kendala yang dirasakan Vinales di balapan seri kedua MotoGP 2020 itu, ia mengaku tetap puas dan senang karena bisa finis kedua. Sebab baginya membawa pulang 20 poin adalah sesuatu hal yang penting untuk membuatnya tetap menempel Quartararo (di klasemen sementara pembalap MotoGP 2020.

Kini Quartararo yang sudah mengoleksi 50 poin dari hasil memenangkan dua kali balapan membuatnya berada di urutan teratas dalam klasemen sementara pembalap MotoGP 2020. Sementara Vinales yang finis sebagai runner-up di seri Spanyol dan Andalusia membuatnya berada di urutan kedua pada klasemen tersebut dengan raihan 40 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini