Marquez Absen, Repsol Honda Andalkan Alex di MotoGP Andalusia 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 38 2250074 marquez-absen-repsol-honda-andalkan-alex-di-motogp-andalusia-2020-SiWxJeVfqo.jpg Alex Marquez akan jadi andalan Repsol Honda (Foto: Honda Racing Corporation)

JEREZ – Cederanya Marc Marquez membuat harapan Repsol Honda sepenuhnya berada di pundak sang adik, Alex Marquez. Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, memastikan seluruh perhatian tim akan tercurah kepada juara dunia Moto2 2019 tersebut.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami patah tulang lengan kanan bagian atas pada MotoGP Spanyol 2020, Minggu 19 Juli malam WIB. The Baby Alien terpental dari motornya ketika tengah memburu Maverick Vinales pada putaran 21 di tikungan tiga.

Sang pembalap memang terpental dan tersungkur di hamparan kerikil lintasan. Namun, bukan caranya terjatuh yang menyebabkan cedera, melainkan ban. Marc Marquez memang sempat terhantam ban belakang motor saat tergelincir di gravel.

Baca juga: Alex Tak Terlalu Khawatir dengan Cedera Marquez di MotoGP Spanyol

Marc Marquez terpelanting dari motornya (Foto: Twitter/@MotoGP)

Pembalap bernomor motor 93 itu langsung diterbangkan ke Barcelona bersama Dokter Xavier Mir untuk menjalani operasi pada Selasa 20 Juli 2020 siang waktu setempat. Mir menyebut pembalap berusia 27 tahun itu pasti absen pada seri berikutnya di Sirkuit Jerez-Angel Nieto pada akhir pekan ini.

Absennya Marc Marquez membuat harapan Repsol Honda untuk mereguk poin pada kategori tim dan konstruktor sepenuhnya ada pada Alex. Pembalap kelahiran Cervera itu akan mendapat dukungan penuh dari tim pada pekan balapan kali ini.

“Akhir pekan ini kami akan fokus pada Alex dan membantunya untuk membuat langkah maju,” ujar Alberto Puig, sebagaimana dimuat dalam laman resmi Honda Racing Corporation (HRC), Rabu (22/7/2020).

Pada seri perdana, Alex Marquez hanya mampu finis pada posisi 12. Mengingat itu adalah balapan pertama pada musim debutnya, maka hasil tersebut masih bisa ditolerir. Bagi Alberto Puig, yang terpenting adalah pembalap berusia 24 tahun itu terus menunjukkan progres yang bagus.

“Ketika Anda masih berusia muda dan baru di kategori ini, yang perlu dilakukan hanya memperbaiki diri serta bertumbuh setiap pekannya. Kami berharap dapat segera memperkecil selisih dengan para pembalap terdepan saat balapan,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Alex Marquez memang tidak dibebani target tinggi pada musim debutnya di MotoGP. Sang pembalap sendiri juga tidak mau muluk-muluk pada musim perdana. Pembalap bernomor motor 73 itu hanya mengincar gelar Pendatang Baru Terbaik MotoGP 2020.

Peluang tersebut terbuka lebar bagi Alex Marquez. Kedua pesaingnya finis lebih buruk pada MotoGP Spanyol 2020. Brad Binder dari Tim KTM Red Bull finis tepat di belakangnya, sementara Iker Lecuona (KTM Tech3) gagal menyelesaikan balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini