Share

Marquez Ditargetkan Kembali Mengaspal pada MotoGP Republik Ceko 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 38 2249481 marquez-ditargetkan-kembali-mengaspal-pada-motogp-republik-ceko-2020-1PhrEV9W3B.jpg Marc Marquez akan kembali membalap pada MotoGP Republik Ceko 2020 (Foto: Honda Racing Corporation)

BARCELONA โ€“ Dokter MotoGP, Xavier Mir, menargetkan Marc Marquez untuk kembali mengaspal pada seri Republik Ceko, 9 Agustus 2020. Dengan demikian, pembalap Tim Repsol Honda itu dipastikan absen pada balapan berikutnya, MotoGP Andalusia 2020, akhir pekan ini.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami patah tulang lengan kanan bagian atas pada MotoGP Spanyol 2020, Minggu 19 Juli malam WIB. The Baby Alien terpental dari motornya ketika tengah memburu Maverick Vinales pada putaran 21 di tikungan tiga.

Sang pembalap memang terpental dan tersungkur di hamparan kerikil lintasan. Namun, bukan caranya terjatuh yang menyebabkan cedera, melainkan ban. Ya, Marc Marquez sempat terhantam ban belakang motor saat tergelincir di gravel.

Baca juga: Komentari Kecelakaan Parah sang Kakak, Alex: Marquez Orang yang Kuat

Marc Marquez terpelanting dari motornya (Foto: Twitter/@MotoGP)

Marc Marquez langsung diterbangkan ke Barcelona bersama Dokter Xavier Mir untuk menjalani operasi pada Senin 20 Juli 2020 siang waktu setempat. Mir menyebut pembalap berusia 27 tahun itu pasti absen pada seri berikutnya di Sirkuit Jerez-Angel Nieto pada akhir pekan ini.

โ€œMarc pasti absen di Jerez dan target kami adalah dia kembali di Brno (Republik Ceko). Ini adalah cedera yang butuh penanganan serius. Oleh karena itu, ia pasti absen di Jerez,โ€ papar Dokter Xavier Mir, sebagaimana dikutip dari Marca, Selasa (21/7/2020).

Kendati ditargetkan kembali di Sirkuit Autodrom Brno, Republik Ceko, ada kemungkinan Marc Marquez absen lebih lama lagi. Menurut Dokter Xavier Mir, seberapa cepat pemulihan cedera tergantung pada rusaknya jaringan syaraf radial.

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œJika syarafnya tidak terdampak, kami bisa menstabilkan patahan dan dia bisa segera kembali. Jika syaraf radialnya terdampak, Marc bisa absen 3-4 pekan,โ€ sambung dokter berkebangsaan Spanyol tersebut.

Absennya Marc Marquez pada seri berikut, MotoGP Andalusia 2020, menjadi pukulan telak buat Repsol Honda. Sebab, mereka kini harus bergantung sepenuhnya pada Alex Marquez untuk mendulang sebanyak mungkin poin.

Kehilangan angka juga menjadi kerugian tersendiri bagi Marc Marquez. Kans untuk mempertahankan gelar juara dunia dipastikan mengecil. Ia sudah pasti tertinggal sedikitnya 25-50 poin dari pemimpin klasemen karena gagal mengumpulkan angka pada dua seri awal.

Dengan jumlah seri yang berkurang, hanya 13 balapan musim ini, jelas absen dalam 1-2 balapan atau gagal mendapat poin, akan sangat krusial. Walau mengecil, sang pembalap berkali-kali membuktikan bahwa dirinya bisa menjungkirbalikkan semua prediksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini