Share

Benturan dengan Ban Depan Motor Buat Lengan Kanan Marquez Patah

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 01:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 38 2248892 benturan-dengan-ban-depan-motor-buat-lengan-kanan-marquez-patah-vJkNfuE8ZP.png Marc Marquez (Foto: Twitter/@MotoGP)

JEREZ – Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Mir, menyebut benturan pertama yang Marc Marquez (Repsol Honda) dapat dalam kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020 tidak berbahaya. Menurut Mir, yang paling membahayakan dalam kecelakaan itu adalah benturan lengan kanan Marquez dengan ban depan motor Honda, RC213V.

Marquez, bernasib sial di MotoGP Spanyol 2020. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu mengalami kecelakaan spektakuler pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 19 Juli 2020 malam WIB tersebut.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Marquez awalnya memulai balapan dengan sangat baik. The Baby Alien bersaing ketat dengan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang berada di posisi pertama. Marquez terus menekan Vinales sehingga mampu merebut posisi pertama.

Namun, keadaan berubah untuk Marquez pada lap kelima. Pembalap berpaspor Spanyol melebar ke gravel ketika ingin mempertahankan possi pertama dari kejaran Vinales. Marquez bisa melanjutkan balapan, tetapi posisinya melorot ke peringkat 16.

BACA JUGA: Kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020, Lengan Kanan Marc Marquez Patah

The Baby Alien tidak berputus asa dan terus memacu motornya. Marquez perlahan-lahan memulihkan posisinya kembali. The Baby Alien secara luar biasa melewati setiap pembalap yang ada di depannya. Pada lap ke-22, Marquez telah berada di belakang Vinales, yang kini menempati posisi kedua.

Marquez berusaha menyalip Vinales di tikungan empat tetapi tidak berhasil. Pembalap berpaspor Spanyol justru terpental dari motornya. Marquez mendarat dengan bahu kiri lalu lengan kanannya berbenturan cukup keras dengan ban depan RC213V.

Follow Berita Okezone di Google News

Benturan dengan ban depan motornya membuat Marquez berputar beberapa kali di gravel sebelum berhenti. The Baby Alien terlihat sangat kesakitan setelah kejadian tersebut. Marquez tampak mengenakan penyangga leher saat dibawa ambulans ke pusat kesehatan.

Pembalap Honda itu akan diterbangkan ke rumah sakit di Barcelona untuk menjalani operasi pada Selasa 21 Juli 2020 waktu setempat. Operasi Marquez diharapkan berjalan lancar, sehingga ia bisa segera membalap.

β€œMarc Marquez tampaknya mengalami cedera, sepertinya, akibat dampak langsung dari ban (depan) ke lengan kanan, yang mengakibatkan patah tulang pada batang humerus, patah tulang lengkap walaupun tidak benar-benar tergeser, dengan beberapa kemungkinan kelumpuhan saraf radial, meskipun kami tidak yakin. Cedera ini telah diimobilisasi di sini ketika mereka memutuskan untuk memindahkannya ke Barcelona untuk melakukan perawatan yang pasti,” kata Mir, menyadur dari Crash, Senin (20/7/2020).

Cedera itu membuat Marquez kemungkinan harus absen dalam tiga balapan selanjutnya. Balapan terdekat yang akan Marquez lewati adalah MotoGP Andalusia 2020, yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez juga, pada Minggu 26 Juli 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini