5 Pemenang Terakhir MotoGP Spanyol 2020, Dominasi Rider Negeri Matador

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 38 2248738 5-pemenang-terakhir-motogp-spanyol-2020-dominasi-rider-negeri-matador-ywXD5x0AEx.jpg Marc Marquez dan Repsol Honda merayakan kemenangan di MotoGP Spanyol 2019 (Foto: Honda Racing Corporation)

SETELAH menunggu hampir empat bulan, raungan mesin motor MotoGP akan kembali terdengar. Pembalap-pembalap kelas dunia akan beradu cepat saat melaju di Sirkuit Jerez-Angel Nieto pada MotoGP Spanyol 2020, Minggu (19/7/2020) malam WIB.

Spanyol memang menjadi negara yang penting buat MotoGP. Selain banyaknya pembalap asal Negeri Matador, negara yang berada di Semenanjung Iberia itu juga merupakan tuan rumah lomba paling banyak, yakni empat sirkuit, kendati menggunakan nama berbeda-beda.

Baca juga: Vinales Bertekad Melesat sejak Start MotoGP Spanyol 2020

Untuk kali pertama sejak MotoGP 2006, GP Spanyol kembali menjadi balapan pembuka musim. Menarik untuk ditilik, siapa lima pemenang terakhir seri tersebut. Berikut daftarnya.

5. MotoGP Spanyol 2015.

Beberapa pekan sebelum lomba, juara dunia bertahan Marc Marquez mengalami kecelakaan saat latihan dengan motocross. Akibatnya, jari di tangan kiri The Baby Alien patah. Ia tidak bisa tampil maksimal saat lomba.

Situasi itu dimanfaatkan betul oleh Jorge Lorenzo untuk meraih kemenangan. Ia mencatatkan pole position pada kualifikasi. Posisi tersebut bisa dipertahankan sejak start hingga akhir. Marc Marquez sendiri finis di posisi kedua dengan selisih 5,576 detik dan di tempat ketiga ada Valentino Rossi.

Jorge Lorenzo tampil sebagai pemenang MotoGP Spanyol 2015 (Foto: AFP)

4. MotoGP Spanyol 2016

Walau didominasi oleh pembalap dari Spanyol, seri tersebut lebih banyak dimenangi Valentino Rossi. The Doctor tercatat memenangi MotoGP Spanyol sebanyak enam kali. Kemenangan terakhir diraih pada 2016, setelah kejar-kejaran dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Itu merupakan kemenangan pertama Valentino Rossi di Jerez sejak 2009. MotoGP Spanyol 2016 juga menanda dominasi Yamaha karena dua pembalapnya finis di urutan satu dan dua. Pada posisi tiga, bercokol nama Marc Marquez.

3. MotoGP Spanyol 2017

Setelah tiga musim beruntun dikuasai oleh Yamaha, GP Spanyol kembali ke pelukan Honda pada 2017. Kali ini, kemenangan disumbangkan oleh Dani Pedrosa yang tampil dominan sepanjang lomba. The Little Spaniard mampu finis lebih cepat 6,136 detik dibandingkan rekan setimnya, Marc Marquez.

Kedua pembalap Repsol Honda itu mampu menciptakan jarak yang cukup nyaman dengan pembalap di belakangnya. Jorge Lorenzo yang finis ketiga, berjarak lebih dari delapan detik dari Marc Marquez di depannya, dan 14,767 detik dari Dani Pedrosa.

Dani Pedrosa kembali menang di Spanyol (Foto: MotoGP)

2. MotoGP Spanyol 2018

Seri ini menciptakan kejutan tersendiri ketika duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, bersenggolan hingga gagal finis. Sedangkan Yamaha tengah memasuki masa kelam. Tak pelak, Marc Marquez bisa tampil dominan dan keluar sebagai juara.

Seperti sudah disinggung, kejutan terjadi karena di posisi dua dan tiga, dihuni pembalap dari tim yang tidak diunggulkan. Johann Zarco dari tim Monster Yamaha Tech3 finis kedua, sementara posisi ketiga ditempati Andrea Iannone dari Tim Suzuki Ecstar.

1. MotoGP Spanyol 2019

Penebusan menjadi tekad yang diusung Marc Marquez pada balapan di negaranya kali ini. Sebelumnya, pembalap bernomor motor 93 itu gagal finis secara memalukan di MotoGP Amerika Serikat 2019. Ia langsung berniat tampil dominan di hadapan pendukungnya sendiri di Sirkuit Jerez-Angel Nieto.

Marc Marquez menang di Jerez pada 2019

Sayangnya, Alex Rins yang baru saja merasakan kemenangan pada seri sebelumnya di Negeri Paman Sam, memberikan perlawanan ketat. Keduanya hanya terpisah 1,654 detik saja saat finis. Tempat ketiga dihuni oleh Maverick Vinales dari Tim Monster Energy Yamaha.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini