Share

Mohammad Ahsan Ceritakan Perjalanan Hijrahnya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 40 2247491 mohammad-ahsan-ceritakan-perjalanan-hijrahnya-v6OTEonqy9.jpg Atlet Bulu Tangkis Nasional, Mohammad Ahsan (Foto: Instagram)

JAKARTA – Pebulu tangkis kawakan Indonesia, Mohammad Ahsan, dalam beberapa tahun terakhir dikenal sebagai sosok yang religius. Sebab, setiap kali bertanding, Ahsan mengenakan legging untuk menutupi auratnya.

Pertama kali Ahsan bertanding dengan menggunakan legging adalah pada 2016. Akan tetapi, ia mulai memantapkan diri untuk terus tampil seperti itu secara konsisten adalah pada 2017.

Diketahui Ahsan mulai serius menjalankan ajaran-ajaran Islam sejak ia melakukan umrah pada awal 2017. Sejak saat itu, Ahsan memutuskan untuk secara konsisten menutup auratnya. Selain itu, Ahsan juga mempraktikkan adab-adab lainnya yang dianjurkan dalam Islam.

Baca juga: 5 Atlet Indonesia yang Pilih Berhijrah, Nomor 2 Pemain Naturalisasi

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Salah satu yang paling menjadi sorotan adalah ketika Ahsan minum saat jeda pertandingan. Di saat pebulu tangkis lainnya menenggak air dalam kondisi berdiri, Ahsan justru minum dengan posisi setengah duduk.

Pada beberapa kesempatan, Ahsan bahkan disorot ketika minum sambil duduk di kursi. Hal ini sempat menimbulkan perdebatan di media sosial. Sebab, Ahsan dianggap bersikap tidak sopan terhadap partnernya, Hendra Setiawan.

Secara usia, Hendra sejatinya lebih tua dari Ahsan. Itulah mengapa, ketika Ahsan minum sambil duduk, sedangkan Hendra berdiri, ia dianggap tidak menghormati yang lebih tua. Akan tetapi, warganet yang mengerti kondisi Ahsan hanya menjalankan adab sebagai seorang muslim, segera memberi penjelasan.

Pada akhirnya, dunia pun tahu bahwa Ahsan hanya menjalankan adab sebagai pemeluk agama Islam yang taat. Termasuk di antaranya adalah sikap Ahsan yang menolak berjabat tangan dengan wasit perempuan. Sebab, Ahsan paham wasit tersebut bukanlah muhrimnya.

“Saya hanya berusaha menerapkan ajaran agama saya, yakni agama Islam semampu yang saya bisa. Semuanya mengalir begitu saja. Jika perilaku saya di tengah lapangan kemudian menjadi viral di media sosial, saya tidak memikirkannya,” jelas Ahsan.

“Kalau ada yang menggangap baik dan mencontoh apa yang saya lakukan, Alhamdullillah. Semua mengalir begitu saja. Pertama kali yang saya lakukan adalah menggunakan legging. Saya lebih mantap dan memutuskan untuk memakai legging (menutup) aurat usai melakukan umrah awal tahun 2017,” lanjut juara dunia tiga kali iu.

“Saya berusaha menjalankan apa yang saya bisa, jika ada yang mengikuti saya Alhamdulillah kalau itu baik, menjadi amal jariah bagi saya. Saya ikut pengajian di masjid dekat rumah, selain itu saya juga menambah pengetahuan dari membaca, baik dari buku-buku Islami ataupun artikel Islami di internet,” terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini