Share

Alasan Repsol Honda Rekrut Pol Espargaro untuk MotoGP 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 38 2246007 alasan-repsol-honda-rekrut-pol-espargaro-untuk-motogp-2021-fqCmY6fnCC.jpg Pol Espargaro. (Foto: Instagram Pol Espargaro)

AALST – Manajer Tim Respol Honda, Alberto Puig, membeberkan alasan merekrut Pol Espargaro untuk MotoGP 2021. Ambisi besar Pol di MotoGP serta kontribusi yang telah ditunjukkannya kepada tim lamanya telah menjadi faktor penting yang akhirnya memincut Honda untuk merekrutnya.

Pol memang sudah resmi merapat ke Repsol Honda mulai MotoGP 2021. Ia akan menjadi tandem baru Marc Marquez pada musim depan. Di Repsol Honda, ia diberi kontrak selama dua musim sehingga akan membela tim tersebut hingga 2022.

Penampilan Pol Espargaro

Adik dari Aleix Espargaro itu menggantikan posisi Alex Marquez yang hijrah ke tim satelit Honda, yakni LCR, pada 2021. Juara Dunia Moto2 2019 itu juga mendapat kontrak selama dua tahun di tim LCR. Namun, belum diketahui pasti siapa tandem Alex musim depan.

BACA JUGA: Cal Crutchlow Tertarik Hijrah ke Aprilia

Keputusan Honda untuk menggaet Pol ke tim pabrikan mereka jelas bukan tanpa alasan. Pol sendiri merupakan lawan berat Marc Marquez saat keduanya membalap di kelas Moto2 pada 2011 hingga 2012.

Pol sendiri sukses merengkuh satu gelar juara di kelas Moto2 pada 2013. Setelah itu, ia mendapat kesempatan untuk naik ke kelas utama ajang balap motor grand prix dan membalap bersama tim satelit Yamaha.

Penampilan apiknya selama tiga musim bersama Yamaha telah menarik minat besar dari KTM. Ia pun direkrut tim asal Austria itu pada 2017. Sejak saat itu, Pol terus memainkan peran besar di KTM yang baru debut di MotoGP pada 2017.

Pembalap asal Spanyol itu berhasil mengembangkan kinerja motor KTM hingga mampu bersaing menuai hasil manis di berbagai balapan saat ini. Bahkan, Pol berhasil menyumbangkan podium pertama untuk tim tersebut pada 2019 saat mentas di seri Valencia.

Follow Berita Okezone di Google News

Kondisi inilah yang akhirnya membuat Honda terpincut dengan Pol dan memutuskan untuk merekrutnya. Puig pun optimis dengan kiprah Pol bersama Honda di gelaran MotoGP musim depan.

“Pol telah menunjukkan minat yang besar pada motor kami, kontraknya berakhir pada akhir musim ini, sehingga tersedia untuk tahun depan yang merupakan poin penting karena dapat berubah,” ujar Puig, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Selasa (14/7/2020).

Penampilan Pol Espargaro

"Kami percaya Pol memiliki semangat juang dan merupakan seorang pejuang. Dia telah berada di Piala Dunia selama bertahun-tahun, memiliki pengalaman dan menurut saya telah melakukan pekerjaan yang sangat baik di KTM dan pengembangan motornya,” lanjutnya.

“Kami percaya gaya membalapnya cocok dengan motor kami. Jadi, itu adalah sesuatu yang kami pikirkan dan mengingat situasinya, itu mungkin, jadi kami memutuskan untuk melakukannya,” tukas Puig.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini