Diprediksi Jadi Lawan Berat, Vinales Ingin Bersaing Secara Sehat dengan Quartararo

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 38 2245861 diprediksi-jadi-lawan-berat-vinales-ingin-bersaing-secara-sehat-dengan-quartararo-GaAJK9J1ZP.jpeg Fabio Quartararo dan Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

LESMO – Maverick Vinales dipastikan bakal mendapat tekanan lebih berat musim depan dari rekan barunya di tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo. Meski demikian, pembalap asal Spanyol itu tak melihat Quartararo sebagai ancaman.

Vinales justru tak sungkan memberikan saran kepada Quartararo yang akan naik ke tim pabrikan pada 2021 nanti. Ia menyarankan Quarataro untuk bisa lebih menguasai motor dengan baik. Sebab, sebagai pembalap pabrikan target yang diharus dicapai jelas berbeda dari yang pernah ia hadapi saat bersama Petronas Yamaha SRT.

"Sepanjang tahun lalu, Fabio sama sekali tak mengutak-atik motornya, dan akhirnya paham benar pada akhir musim. Tapi masalahnya, dalam tim pabrikan, Anda harus menjajal banyak hal dalam pekan balap,” ujar Vinales, seperti dilansir dari laman Crash, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Bagi Quartararo, Sirkuit Mugello Punya Kesan Berbeda

β€œIni adalah masalah besar, karena dalam beberapa balapan, saya sendiri bahkan hanya bisa menjalani beberapa lap dengan setup dasar saya dan terpaksa harus balapan dengan setup apa adanya. Situasinya selalu rumit!” tandasnya.

Vinales dan Quartararo memang diketahui punya hubungan yang baik. Selain usia mereka yang hanya berjarak empat tahun, keduanya juga kerap berlatih bersama, entah di gym, saat berlatih sepeda, atau bahkan latihan motocross. Vinales sendiri mengakui kalau Quartararo tampil sangat menjanjikan bersama Petronas Yamaha SRT pada 2019 kemarin. Kendati begitu, Vinales mengingatkan kepada Quartararo kalau tugasnya sebagai pembalap akan lebih berat musim depan.

Seperti diketahui, Vinales akan menggantikan posisi Valentino Rossi sebagai pembalap utama Yamaha pada MotoGP 2021 nanti. Ia akan membalap bersama Fabio Quartararo yang mendapat kesempatan naik ke tim pabrikan musim depan.

Performa apiknya pada 2019 kemarin jadi alasan Yamaha tertarik untuk membawanya ke tim pabrikan. Meski awalnya tak diunggulkan, Quartararo justru memberikan kejutan setelah melewati beberapa seri balapan di awal musim dengan menjadi penantang baru Marc Marquez di lintasan.

Musim ini namanya pun kembali masuk dalam daftar pembalap yang diprediksi bakal jadi lawan berat The Baby Alien. Melihat kecepatan Quartararo pada tes pramusim, pembalap Petronas Yamaha ini jelas patut diwaspadai sang juara dunia.

Meski pada saat ini, Quartararo juga tengah harap-harap cemas. Pasalnya Quartararo dicurigai telah melakukan tes uji coba ilegal dengan menggunakan motor spek balap beberapa saat lalu. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) sendiri tengah menyelidiki pelanggaran yang kabarnya dilakukan Quartararo tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini