Usia Jadi Alasan Pol Espargaro Tinggalkan KTM untuk Repsol Honda

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 38 2245837 usia-jadi-alasan-pol-espargaro-tinggalkan-ktm-untuk-repsol-honda-KsuxKBcWSj.jpg Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

AALST – Pol Espargaro membeberakan salah satu alasannya memilih hengkang dari Red Bull KTM dan memilih Repsol Honda sebagai tim barunya pada MotoGP 2021 nanti. Pol mengatakan, usianya yang tak lagi muda membuatnya merasa tak lagi layak untuk mengemban misi jangka panjang bersama ktm.

Saat ini, Pol yang berusia 29 tahun merasa sudah saatnya untuk mencari prestasi di kelas utama MotoGP. Untuk itu, Pol pun memilih Repsol Honda yang memang diyakini bisa membuatnya lebih kompetitif.

Pol sendiri sudah membalap untuk KTM sejak 2017. MotoGP 2020 pun menjadi musim keempatnya bersama pabrikan asal Austria tersebut. Cukup banyak dampak positif yang diberikan Pol untuk KTM mengembangkan RC-16. Untuk itu, sang pembalap pun merasa sudah waktu yang tepat baginya mengincar prestasi ketimbang sekedar mengembangkan motor sebuah tim pabrikan.

“Saya bukan lagi pembalap muda yang datang ke KTM dan dapat berinvestasi bertahun-tahun dalam sepeda motor dan kemudian memenangkan gelar dunia. Saya berusia 29 tahun sekarang, bukan yang tertua di grid, tetapi berjalan ke arah yang benar. Saya benar-benar ingin menunjukkan potensi saya sekarang,” ujar Pol Espargaro, seperti dilansir dari laman Speedwek, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Daftar Sementara Pembalap MotoGP 2021, Rossi Masih Belum Pastikan Tempat

Selain itu, Pol juga tertantang untuk bisa mengikuti jejak Marc Marquez yang berhasil meraih kesuksesan dengan motor Honda. Pol juga yakin karakter motorRC213V milik Honda akan sangat cocok dengan gaya membalapnya di lintasan.

“Marquez tentu saja legenda dan pengemudi yang sangat, sangat baik. Tapi dia mengendarai Honda dan itu artinya motor ini bisa menang. Ini adalah sepeda yang ingin memiliki banyak lapangan. Sepeda impian untuk setiap pebalap MotoGP yang ingin memperjuangkan gelar,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pol Espargaro resmi merapat ke Repsol Honda pada MotoGP 2021 nanti. Pembalap asal Spanyol itu mendapat durasi kontrak selama dua musim atau hingga akhir 2022 mendatang.

Keputusan Honda untuk menggaet Pol Espargaro ke tim pabrikan jelas bukan tanpa alasan. Pol sendiri merupakan lawan berat Marc Marquez saat keduanya membalap di kelas Moto2 pada 2011 hingga 2013 kemarin.

Selain itu, karakter membalap Pol yang terkenal agresif juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Honda untuk meminangnya. Manajer Honda, Alberto Puig, bahkan menjadi salah satu orang yang mengaku tertarik melihat Pol di atas RC213V.

Harapan tersebut pun dipastikan menjadi kenyataan musim depan. Meski begitu, Repsol Honda harus sedikit bersabar sebab Pol Espargaro masih akan membalap bersama KTM Racing hingga akhir MotoGP 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini