Daftar Sementara Pembalap MotoGP 2021, Rossi Masih Belum Pastikan Tempat

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 38 2245805 daftar-sementara-pembalap-motogp-2021-rossi-masih-belum-pastikan-tempat-JTccPcbpgc.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: Laman resmi MotoGP)

SEJUMLAH tim di MotoGP satu per satu mulai mengumumkan nama pembalapnya untuk musim 2021. Kini tercatat, sudah ada 15 pembalap yang mengamankan tempat untuk mentas pada musim depan.

Sayangnya, dari 15 nama yang telah diumumkan, tak terdapat sosok pembalap gaek MotoGP, Valentino Rossi. Hingga kini, ia belum memastikan tempat jika ingin melanjutkan karier panjangnya di MotoGP.

Franco Morbidelli

Tetapi, kabar yang santer terdengar menyebutkan bahwa kesepakatan dengan tim baru telah dijalin oleh Rossi. Pengumuman The Doctor –julukan Rossi– untuk merapat ke tim satelit Yamaha, yakni Petronas, bahkan dikabarkan siap diumumkan pada balapan seri perdana MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu 19 Juli 2020 malam WIB.

BACA JUGA: Berpisah pada Akhir Musim MotoGP 2020, Honda: Terima Kasih, Crutchlow!

Petronas kini baru mengumumkan satu nama untuk MotoGP 2021. Mereka memutuskan untuk memperpanjang kontrak Franco Morbidelli yang sudah memperkuat tim tersebut sejak 2019. Pengumuman berlanjutnya kerja sama dengan Morbidelli disampaikan pada hari ini, Senin (13/7/2020) siang WIB.

Selain Morbidelli, ada dua pembalap lainnya yang juga diumumkan resmi mendapatkan tempat untuk MotoGP 2021. Kedua pembalap itu ialah Alex Marquez dan Pol Espargaro. Alex tidak akan lagi memperkuat tim pabrikan Honda pada musim depan. Ia justru akan turun ke tim satelit Honda, yakni LCR Honda.

Kedatangan Alex ke tim tersebut pada MotoGP 2021 pun sekaligus mendepak tempat Cal Crutchlow. Kerja sama LCR Honda dengan Crutchlow harus berakhir setelah pada akhir musim 2020 setelah enam musim tercatat bernaung di sana.

Tempat Alex di Repsol Honda sendiri dipastikan akan diisi oleh Pol Espagaro pada musim depan. Ia meninggalkan KTM untuk menjadi rekan setim Marc Marquez pada gelaran MotoGP 2021.

Sementara itu, KTM sendiri telah mengumumkan pengganti Pol Espargaro untuk gelaran MotoGP 2021. Mereka memutuskan untuk tak merekrut pembalap baru dan justru mempromosikan Miguel Oliveira ke tim pabrikan KTM.

Dengan begitu, MotoGP 2020 akan menjadi musim terakhir Oliveira membela tim satelit KTM, yakni Tech3. Musim depan, Tech3 bakal kehadiran wajah baru, yakni Danilo Petrucci, yang akan bertandem dengan Iker Lecuona.

Danilo Petrucci

Sejauh ini, masih ada tim yang belum menentukan satu pun pembalap untuk MotoGP 2021. Tim tersebut ialah Pramac Ducati. Sejauh ini, mereka belum mengumumkan satu pun nama untuk musim depan.

Berikut daftar sementara pembalap untuk MotoGP 2021:

1. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)

2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)

4. Marc Marquez (Repsol Honda)

5. Pol Espargaro (Repsol Honda)

6. Alex Marquez (LCR Honda)

7. Jack Miller (Mission Winnow Ducati)

8. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

9. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

10. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)

11. Tito Rabat (Reale Avintia)

12. Miguel Oliveira (KTM Red Bull)

13. Brad Binder (KTM Red Bull)

14. Danilo Petrucci (Red Bull KTM Tech3)

15. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini