5 Atlet Dunia yang Putuskan Jadi Mualaf

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 43 2243618 5-atlet-dunia-yang-putuskan-jadi-mualaf-5kohCM61VG.jpg Mike Tyson. (Foto: Reuters)

FAKTA-fakta menarik selalu tersaji dalam kehidupan para atlet tersohor di dunia. Mulai dari perjalanan karier, percintaan, hingga kehidupan masa kecil, mereka kerap kali menyimpan cerita berbeda yang menarik untuk dikulik.

Kali ini, Okezone pun akan membahas soal keputusan besar yang diambil beberapa atlet dunia dalam hal memeluk agama. Beberapa atlet tersohor di dunia sendiri diketahui memutuskan untuk menjadi mualaf demi memeluk agama Islam.

Di antaranya, tentu saja ada nama-nama atlet yang sudah tak asing lagi di telinga para pencinta dunia olahraga. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima atlet dunia yang putuskan menjadi mualaf.

5. Danny Williams

Di urutan kelima, ada nama salah satu petinju kebanggaan Inggris, Danny Williams. Kiprah Williams di dunia tinju sendiri tentu saja tak perlu diragukan lagi. Ia bahkan pernah mengalahkan legenda tinju Amerika Serikat, yakni Mike Tyson, saat berhadapan pada Juli 2004. Ia merobohkan Tyson di ronde keempat.

Danny Williams

Selain kehebatannya di dunia tinju, Williams juga mendapat sorotan besar dari publik karena keputusannya menjadi mualaf. Keputusan itu diambil setelah petinju kelahiran 13 Juli 1973 tersebut mendengar suara azan berkumandang di salah satu masjid di Turki. Dari situ, ia pun memutuskan menjadi mualaf pada 1999.

4. Kareem Abdul Jabbar

Selain dari dunia tinju, atlet yang memutuskan menjadi mualaf juga datang dari dunia basket. Ia adalah Kareem Abdul Jabbar. Legenda basket Amerika Serikat itu mengambil keputusan besar dalam kehidupannya untuk menjadi mualaf dengan memeluk agama Islam tepat sehari setelah meraih gelar juara NBA.

Kareem Abdul Jabbar

Hal tersebut terjadi tepatnya pada 1971. Usai berhasil membawa tim yang dibelanya kala itu, yakni Milwaukee Bucks, Kareem Abdul Jabbar mengumumkan bahwa dirinya telah menjadi mualaf. Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Lew Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar.

3. Franck Ribery

Kemudian, beralih ke dunia sepakbola, ada Franck Ribery yang juga memutuskan menjadi mualaf. Ribery memutuskan memeluk agama Islam diambil kala dirinya memperkuat tim asal Turki, yakni Galatasaray, pada 2005.

Franck Ribery

Ia menyatakan keputusannya menjadi mualaf diambil karena menemukan kedamaian dari agama Islam. Sosok sang istri, Wahiba Belhami, pun disebut-sebut memegang andil penting dalam mengambil keputusan iut. Ribery pun kini dikenal sebagai pemeluk agama Islam yang taat.

2. Muhammad Ali

Kembali ke dunia tinju, ada Muhammad Ali yang juga menjadi mualaf. Ali ternyata tak memeluk agama Islam sejak lahir. Ali lahir dengan nama asli Cassius Marcellus Clay. Ia baru mengubah namanya menjadi Muhammad Ali pada 1964 setelah memeluk agama Islam.

Muhammad Ali

Nama itu diketahui merupakan pemberian seorang tokoh Muslim dari Nation of Islam, yakni Elijah Muhammad. Sejak saat itu, Ali pun dikenal sebagai sosok ikon Muslim ternama di Amerika Serikat.

1. Mike Tyson

Terakhir, ada petinju yang tak kalah tersohor dari Muhammad Ali, yakni Mike Tyson. Legenda tinju Amerika Serikat itu juga memutuskan untuk menjadi mualaf. Ia mengambil keputusan tersebut saat tengah menjalani hukuman di penjara.

Mike Tyson

Tyson memutuskan memeluk agama Islam setahun setelah belajar dari seorang pemuka agama, yakni Muhammad Shadiq, di dalam penjara pada 1993. Selama mempelajari agama Islam, Tyson mengaku mendapat ketenangan diri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini