Maria Kirilenko, Petenis Cantik yang Sempat Jadi Pesaing Maria Sharapova

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 43 2243425 maria-kirilenko-petenis-cantik-yang-sempat-jadi-pesaing-maria-sharapova-FeAqm4EmB9.jpg Maria Kirilenko (Foto: Instagram Maria Kirilenko)

BAGI sebagian besar pecinta dunia tenis, nama Maria Sharapova, memang tidak terlalu asing terdengar. Terlebih Sharapova memang dikenal memiliki paras cantik dengan kemampuan yang bisa dibanggakan. Namun ternyata, Sharapova bukan satu-satunya petenis cantik dari Rusia.

Pasalnya masih ada nama Maria Kirilenko yang sempat menjadi pesaing utama Sharapova dalam hal pesona kecantikannya di dunia tenis. Meski secara prestasi, nama Kirilenko memang berada di bawah Sharapova.

Akan tetapi bukan berarti Kirilenko hanya menggandalkan kecantikannya saja. Terlebih Kirilenko sendiri sebenarnya memulai kariernya di dunia tenis dengan prestasi yang bisa dibanggakan. Ya, Kirilenko berhasil menyabet dua gelar juara di level junior.

Maria Kirilenko

Prestasi tersebut didapat oleh Kirilenko kala tampil di Kanada Open dan Amerika Serikat (AS) Terbuka 2002. Fakta tersebut pun sempat membuat nama Kirilenko digadang-gadang sebagai calon petenis wanita kebanggaan asal Rusia lainnya.

Baca Juga: Cantiknya Gulzhan Nakipova, Atlet Jiu-Jitsu Asal Kazakhstan

Setahun berselang, petualangan karier Kirilenko di dunia tenis level profesional pun dimulai. Namun sayang Kirilenko melalui masa-masa sulit di dua tahun debutnya sebagai petenis profesional, lantaran mengalami cedera parah dan melewati banyak turnamen besar.

Maria Kirilenko

Baru pada 2005, Kirilenko akhirnya benar-benar bisa merasakan persaingan tampil di Grand Slam tepatnya ketika ia tampil di ajang AS Terbuka. Di ajang tersebut, Kirilenko sendiri mampu bertahan hingga babak ketiga, sebelum akhirnya disingkirkan oleh Aravane Rezai.

Masa-masa emas dalam karier Kirilenko sebagai petenis profesional baru dimulai pada 2011. Ya, pada tahun itu, Kirilenko yang turun di nomor ganda putri berhasil menembus final kejuaraan Grand Slam Australia Open.

Berpasangan dengan Victoria Azarenka, Kirilenko mampu menunjukkan kombinasi yang sangat menjanjikan hingga akhirnya menembus final Australia Open 2011. Namun sayang, di partai puncak Kirilenko-Azarenka harus menyerah di tangan pasangan Gisela Dulko- Flavia Pennetta.

Setahun berselang, karier Kirilenko sebagai petenis profesional di nomor ganda putri berada di masa-masa kejayaannya. Ya, Kirilenko berhasil menyumbangkan medali perunggu di Olimpiade 2012 London yang kala itu berpasangan dengan Nadia Petrova.

Maria Kirilenko

Masih di tahun yang sama, Kirilenko juga berhasil menyabet gelar juara ketika tampil di WTA Tour Final yang digelar di Sinan Erdem Dome, Istanbul, Turki. Berpasangan dengan Petrova, Kirilenko mampu keluar sebagai kampiun usai menaklukkan pasangan Andrea Hlavackova-Lucie Hradecka.

Baca Juga: Antonija Sandric, Pebasket Cantik asal Kroasia yang Tolak Tawaran Jadi Model

Dengan sejumlah prestasi tersebut, Kirilenko pun berhasil membawa namanya duduk di rangking lima dunia. Akan tetapi beberapa tahun berikutnya, perjalanan karier Kirilenko sebagai petenis profesional mengalami penurunan yang signifikan.

Kirilenko akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia tenis pada 2015, faktor cedera jadi alasan utama wanita yang kini berusia 33 tahun itu menyudahi kiprahnya. Setelah pensiun, Kirilenko memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktu untuk merewat kedua anak-anaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini