Lin Dan Dua Kali Kehilangan Gelar Bergengsi karena Taufik Hidayat

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 40 2241303 lin-dan-dua-kali-kehilangan-gelar-bergengsi-karena-taufik-hidayat-HC7fTdwvRJ.jpg Lin Dan (Foto: AFP)

LONGYAN – Pebulu tangkis senior China, Lin Dan, pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya pada kemarin Sabtu 4 Juni 2020. Lin Dan telah melawan banyak pebulu tangkis hebat dunia selama ini, salah satu di antaranya adalah Taufik Hidayat.

Lin Dan tercatat 17 kali bertanding melawan Taufik, dengan torehan 13 kemenangan dan empat kekalahan. Lin Dan tampak sangat mendominasi rekor pertemuan dengan Taufik. Meski begitu, dua dari empat kekalahan yang Super Dan –julukan Lin Dan– derita dari Taufik berharga sangat mahal.

Taufik Hidayat (Foto: Istimewa)

Lin Dan harus kehilangan gelar di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005 dan medali emas Asian Games Doha 2006. Lin Dan adalah salah satu unggulan untuk menjuarai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005. Penampilan apik Lin Dan di setiap pertandingan, menunjukkan kepantasannya masuk jajaran unggulan.

BACA JUGA: Lin Dan Pensiun, Ini Berbagai Prestasinya di Dunia Bulu Tangkis

Lin Dan menyapu bersih setiap pertandingan dengan kemenangan, termasuk saat melawan pebulu tangkis Denmark, Peter Gade, di semifinal. Lin Dan kemudian melawan Taufik yang di semifiinal lainnya menundukkan pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei.

Pada waktu itu, Lin Dan tidak berkutik di hadapan Taufik. Super Dan langsung kalah dalam dua gim langsung, dengan skor mencolok 3-15 dan 7-15. Lin Dan pun kehilangan kesempatan untuk menjuarai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Taufik kembali jadi penghalang untuk Lin Dan setahun berselang. Kali ini kedua pebulu tangkis kaya prestasi itu bertemu di final Asian Games Doha 2006. Lin Dan yang ingin membalas dendam kepada Taufik, tampil maksimal di partai puncak.

Pertandingan pun berjalan dengan ketat, karena kualitas kedua pebulu tangkis itu cukup berimbang. Akan tetapi, Lin Dan harus tertunduk lesu pada akhir pertandigan, karena kalah dalam dua gim langsung dengan skor 15-21 dan 19-22. Lin Dan unggul dalam rekor pertemuan dengan Taufik, tetapi dua kekalahan dari legenda bulu tangkis Indonesia itu akan membekas di ingatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini